LKA Kec.Kepenuhan Hulu lakukan Halal Bihalal Adat

LKA Kec.Kepenuhan Hulu lakukan Halal Bihalal Adat

Pekan Tebih--1 mei 2023 bertempat di gedung Le mbaga Kerapatan Adat (LKA) Kec.Kecamatan Kepenuhan Hulu lakukan Cara Halalbihalal adat yg merupakan agenda tahunan setiap bulan sawal pada momen hari lebaran idul Fitri, seluruh anak cucu kemanakan masyarakat adat kec.Kepuhan Hulu Luhak Kepenuhan berhimpun pepat menghadiri acara ini.

 

Karna ini adalah momen silaturrahmi yang luar biasa,dimana anak cucu kemenakan bisa sungkeman dan berjabat tangan dengan Ninik mamak pemnangku adat nya beserta para pemimpin di dalam nogori serta sanak keluarga ,bahkan momen ini juga banyak di hadiri sanak keluarga yg sengaja pulang kampung.

 

Dengan bersuka cita seluruh anak cucu kemanakan berkumpul untuk saling bermaaf maafkan ,tungku tigo sojorangan , Datuk suku pemangku adat,Pemerintahan dan para cerdik pandai alim ulama ,

Semuanya bergembira dalam suasa lebaran ,musik gendang gong juga di mainkan, qosidah marhaban menyanjung yg maha agung juga berkumandang.

Seluruh pucuk suku yg ada beserta para pegawai suku juga hadir semua, seperti suku ampu,suku mais,suku Mandailing ,suku Melayu,suku kandang kopuh ,suku pungkuik dan lainlainnya, duduk sehamparan dalam tatanan adat yang dilestarikan .

H.Syafaruddin Poti ,SH,MM gelar Datuk Urang Kayo Mudo selaku Ketua LKA Kecamatan Kepenuhan Hulu dalam pituah pituah adatnya menyampaikan ,bahwa cara seperti ini harus kita lestarikan,dimana kita antara pemangku adat dengan anak kemanakan dapat berjumpa dan saling tau kabar dan kondisinya masing-masing,begitu juga Antara Pemerintah dengan Masyarakatnya, dan Ulama dengan Umatnya , semoga Allah SWT meridhoi kita dan semoga kita dapat trus berjumpa pada halalbihalal berikutnya .

 

Kepada seluruh anak cucu kemanakan tolong selalu menjunjung adat istiadat yg kita lestarikan ini, yang tak lapuk di hujan dan tak lokang di panen, terutama dalam pergaulan sehari-hari, yang muda-muda agar berhati-hati,jaga akhlak jaga adab, jangan sampai sesuku tidak saling mengenal, untuk semua kita kami ucapkan minal aidzin Wal Faizin, Mohon maaf lahir dan batin.

Kemudian perlu kami ingatkan tahun ini adalah tahun politik,jagalah persaudaraan kita,jangan sampai karna dukung mendukung ,hubungan kekeluargaan kita jadi rusak,bersikaplah dengan bijak.

Kepada kita yang didahulukan selangkah dan ditinggikan seranting di tengah masyarakat hendaklah jadi pengayom yang baik, " jangan Pulo kita yg monogakkan pancang mombao obah" 

Poti yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi dari Fraksi PDI Perjuangan , sebagai masyarakat Kepenuhan Hulu ,sebagai Datuk Ketua LkA memohon doa kepada seluruh sanak keluarga warga Kepenuhan Hulu khususnya dan masyarakat Riau Umumnya, bahwa dimana Insaallah Pemilu 2024 mendatang ini kami maju Caleg DPR RI Dapil Riau.1,sampaikan juga Khabar ini ke kelurga kita yang tidak sempat hadir hari ini,

Acara berlangsung meriah dan penuh keakraban, yg puncaknya di isi dengan bermaaf-maafan dengan saling berjabat tangan.antar seluruh masyarakat yang hadir. rls

Berita Lainnya

Index