LAMR Rokan Hulu Tabalkan Datuk Suhartono Rifa'i Sebagai Panglimo Bosa Paga nogori

LAMR Rokan Hulu Tabalkan Datuk Suhartono Rifa'i Sebagai Panglimo Bosa Paga nogori

Rokan Hulu--Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Rokan Hulu Menebalkan dan mengukuhkan Datuk Suhartono Rifa'i Sebagai Panglimo Bosa Paga nogori dan Panglimo lainnya dalam kepengurusan Hulu Balang LAMR Rokan Hulu.

Berdasarkan SK LAMR Rokan Hulu, Nomor : Kpts.220/ LAMR-ROHUL/ 001/ 2022. dengan Masa periode 2022-2027. Acara berlangsung Mulai pukul 14.00 WIB Sampai selesai, Senin 18/07/2022.

Datuk Seri Setia Amanah Adat,  H. Zulyadaini, Bergelar Datuk Saudagar Rajo, menjelaskan dalam sambutannya ; Pengukuhan Hulu Balang LAMR Rokan Hulu ini adalah bagian dari salah satu amanah AD/ ART LAM Riau dan Perda Rokan Hulu Nomor 2  Tahun 2013, yang mengamanahkan untuk pelestarian Adat Budaya. 

Datuk Zul menegaskan "Hulu Balang ini adalah bagian dari tradisi Budaya dan Adat istiadat yang ada di Rokan Hulu, dibawah naungan lima Luhak/ Eks Kerajaan yang ada di Rokan Hulu sebelum nya". 

Kita berharap Hulu Balang ini hadir sebagai perisai negeri, biar bisa berjalan seperti tali bopilin tigo, agar Adat tetap menjadi satu kesatuan dari hukum sosial masyarakat yang telah dibangun secara turun temurun dari dahulu, ucap Datuk Zul.

Hadir juga dalam acara Pengukuhan dan penambalan Hulu Balang tersebut, jemputan Agung dari LAM ROHUL, yaitu Datuk Setia Amanah Riau, Bpk. H. Syamsuar, Gubernur Riau.

Gubernur juga menyampaikan rasa yang sangat bangga, bahwa hari ini masih ada perjuangan masyarakat adat yang terus melestarikan Adat Budaya resam Melayu,

"kita berharap hadir nya Hulu Balang mampu menjadi jembatan untuk menyejukkan kebersamaan dalam sosial kemasyarakatan" tegas Pak Gubernur.

Acara berlangsung khidmat sampai akhir, kemudian ditutup dengan upah -upah, doa dan foto - foto bersama. (Rls)

Laks HR

Berita Lainnya

Index