DPP LEMTARI adakan silaturrahmi dengan pengurus DPW Provinsi Riau

DPP LEMTARI adakan silaturrahmi dengan pengurus DPW Provinsi Riau
Ketua Umum DPP LEMTARI Suhaili Husein Datuk Mudo,

Pekanbaru - Pengurus Pusat Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Tinggi Adat Republik Indonesia (DPP LEMTARI) akan adakan silaturrahmi dengan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) LEMTARI Provinsi Riau pada Jumat (8/4/22) mendatang di Hotel Angkasa Garden jalan Setia Budi, Pekanbaru, Riau.

Hal ini disampaikan dan dibenarkan oleh Ketua Umum DPP LEMTARI Suhaili Husein Datuk Mudo, Rabu (6/4/22) sore melalui sambungan telpon seluler pada awak media dikarenakan beliau masih berada di Jakarta.

Kegiatan silaturahmi tersebut juga sekaligus akan membicarakan persiapan rencana Seminar Nasional Adat LEMTARI pada awal bulan Juni 2022 mendatang yang akan digelar di kota Pekanbaru.

Acara Seminar Nasional Adat rencananya akan di taja oleh DPW LEMTARI Riau dan bekerjasama dengan beberapa Universitas yang ada di Riau akan menghadirkan empat orang Nara Sumber dari Jakarta.

Diantara Nara sumber yang rencananya akan dihadirkan yaitu, Prof. Dr. Jimly Asshadhiqqhi, Waka Polri (Komjen. Pol. Gatot Eddy Pramono), Waka Jagung (Dr. Sunarta. SH. MH), dan Direktur PemDes Kemendagri (Ir. Eferi Samsidar).

Menurut Suhaili mengatakan seminar yang akan digelar itu mengangkat tema tidak hanya sekedar akan memfungsikan adat, tapi juga tentang akan memberlakukan dan menggunakan kembali aturan hukum adat dinegeri masing-masing, serta menjadikan adat sebagai tuan dinegeri sendiri.

"Tema seminar nya yaitu Akan memfungsikan, akan memberlakukan dan mempergunakan kembali aturan hukum adat di negeri kita masing-masing dan menjadikan adat menjadi tuan di negeri nya sendiri sebagai jati diri bangsa Indonesia", katanya.

Suhaili juga mengharapkan aturan adat bisa kembali berfungsi dalam segala bidang kehidupan masyarakat.

"Kita menginginkan aturan adat bisa berfungsi kembali dalam segala bidang kehidupan masyarakat kita sesuai adat istiadat setempat," harapnya.

Ketika ditanya pendapatnya terkait adat, Suhaili menjelaskan sedikit pandangannya terkait adat.

"Adat itu serupa, tapi tidak sama, tetapi percayalah, tidak ada satupun peraturan Adat yang bisa merusak dan mencelakakan kaum nya, semua aturan adat itu pasti untuk kebaikan kaumnya," jelas.

Selain itu dari keterangan Suhaili, acara yang akan digelar sekira pukul 15.00 wib sampai pukul 22.00 wib tersebut, Ia juga menyampaikan selain acara silaturahmi dan Persiapan Seminar Nasional Adat LEMTARI juga akan di isi dengan acara berbuka puasa bersama.

"Ada tiga agenda yang kita rencanakan, pertama silaturahmi, kedua Persiapan Seminar Nasional Adat LEMTARI, dan karena kita mengadakan acara ini di bulan puasa maka kita juga akan adakan acara berbuka puasa bersama," pungkasnya.**

Rilis

Berita Lainnya

Index