Yurnalis Basri Didaulat Sebagai Inspirator di SMA Negeri 1 Bangkinang Kota

Yurnalis Basri Didaulat Sebagai Inspirator di SMA Negeri 1 Bangkinang Kota
Salah seorang siswi SMA Negeri 1 Bangkinang Kota maju menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Yurnalis Basri.

BANGKINANG - Yurnalis Basri, S.Sos, MSi didaulat sebagai inspirator kepada ratusan siswa siswi SMA Negeri 1 Bangkinang Kota. Yurnalis yang juga adalah alumni SMA Negeri 1 Bangkinang Kota angkatan tahun 1991. 

Dalam penyampaiannya, pria yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Gubernur Riau dan Plt Kepala Disnaker Provinsi Riau 
memberi motivasi bahwa siswa siswi saat ini adalah penerus generasi dan calon-calon pemimpin masa depan. 

Dia juga berpesan agar terus belajar dengan bersungguh-sungguh dan mempunyai semangat yang tinggi untuk menatap masa depan. 

"Ananda-ananda ku semua, kalian adalah pemimpin-pemimpin masa depan. Bersungguh-sungguh dalam belajar, karena siapa yang bersungguh-sungguh insyaAllah akan mendapat. Dan perlu dicatat, kita juga harus mempunyai semangat yang tinggi, karena untuk mencapai cita-cita tidak cukup hanya dengan pintar, tetapi juga harus mempunyai semangat yang menggelora," ucapnya. 

Mantan Kepala Dinas PMD Provinsi Riau ini juga menyarankan kepada siswa siswi untuk mengusahakan membaca Alqur'an selesai solat subuh. Karena menurutnya dengan membaca Alqur'an selesai solat subuh tersebut bisa mencerdaskan otak. 

"Belajar yang mantap itu setelah solat subuh. Tetapi usahakan dulu membaca Al'quran sekaligus beserta artinya. Karena akan mencerdas otak. Dan jangan pernah sekali-kali belajar pas mau ujian, tetapi belajarlah sebelum ujian," kata Yurnalis Basri ini. 

Selain itu, pria yang sukses berkarir di luar daerah Kabupaten Kampar ini juga sedikit berbagi pengalamannya dari anak seorang petani hingga menjadi orang diperhitungkan, menjadi mahasiswa undangan dan meraih nilai terbaik (cumlaude) di Universitas Gadja Mada (UGM), hingga menjadi seorang pejabat. 

"Tidak ada yang tak mungkin. Saya dari seorang anak petani. Untuk itu, saya berharap kepada siswi siswi generasi masa depan di Kabupaten Kampar khususnya Ananda ku di SMA Negeri 1 Bangkinang Kota, agar terus semangat dan optimis menjalani kehidupan, karena sekali lagi, tak ada yang tak mungkin. Banyak orang yang terbilang, gemilang dan cemerlang dari alumni SMA Negeri 1 Bangkinang Kota ini," ucapnya. 

Ia menambahkan dengan mengingatkan kepada siswa siswi, jika ingin menjadi orang yang sukses, jangan pernah melawan kepada orang tua dan guru. 

Pada kesempatan ini, Yurnalis Basri menyampaikan salam takzim dari Gubernur Riau, Syamsuar kepada siswa siswi, majlis guru dan hadirin yang hadir dalam acara ini. 

Selain memberikan motivasi, Udo Yurnalis Nbo yang akrab disapa ini juga memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa siswi. Bagi siswa siswi yang bisa menjawab, dia tampak memberikan hadiah berupa amplot berisi uang yang diserahkan melalui mantan kepala sekolahnya Drs Amirullah Harun. 

Sementara itu Ketua Komite SMA Negeri 1 Bangkinang Kota, Drs Amirullah Harun mengaku bahagia dan bergembira menyambut kedatangan Yurnalis. Amirullah merasa bersyukur masih bisa dipertemuan Allah SWT dengan muridnya ini di usianya yang sudah 87 tahun. 

"Anak murid saya Yurnalis, tentu kita sangat bergembira sekali kedatangan beliau yang akan menyampaikan hal-hal kepada cucu datuk semuanya. Umur datuk sudah 87 tahun. Datuk menjadi kepala sekolah di SMA ini dulu selama 18 tahun. Kenapa datuk sebutkan, karena alhamdulillah Allah di sisa umur datuk, hari ini dipertemukan dengan pejabat Provinsi Riau yang tak lain alumni SMA 1 Bangkinang Kota. 

"Sekali lagi selamat datang. Alhamdulillah Allah SWT masih mempertemukan kita," kata Amirullah dalam kata sambutannya disambut tepuk tangan oleh para siswa siswi dan hadirin yang hadir. 

Kepala SMA Negeri 1 Bangkinang Kota, Hendra Yunal, M.Pd, Sabtu (12/2/2022) menyampaikan hal yang sama. Dia mengaku merasa bahagia dan bangga, yang mana dikunjungi oleh alumni SMA 1 Bangkinang Kota. 

"Selaku kepala sekolah, jujur kami merasa bahagia dan bangga dikunjungi memenuhi undangan oleh alumni yang boleh dikatakan sukses di bidangnya untuk memberikan motivasi. Kami pihak sekolah berikan apresiasi yang telah berkunjung ke SMA ini," sebutnya.(Syaw) 

 

 

 

 

 

 

Berita Lainnya

Index