Dihadiri Panglimo Besar H Safrianto, LAKTA Sukses Kukuhkan 1000 Dubalang Adat

Dihadiri Panglimo Besar H Safrianto, LAKTA Sukses Kukuhkan 1000 Dubalang Adat
Proses Pengukuhan Dubalang Adat di Kenegerian Sungai Agung, Tapung Kabupaten Kampar. Minggu (1/8/2021).

RIAUTERBIT.COM, KAMPAR - Minggu 1 Agustus 2021 LAKTA kembali melantik Dubalang Adat Tapung di Kenegerian Sungai Agung di lapangan desa Sungai Agung Kecamatan Tapung, dengan dilantiknya Dubalang desa Sungai Agung ini maka Dubalang yang dilantik telah mencapai 1000 orang sesuai dengan janji apa yang ditargetkan LAKTA.

Dalam acara tersebut di hadiri oleh ketua MKA LAKTA H. Zulfahmi Dt. Mangkuto dan sekretaris MKA LAKTA jhon kenedi, S.Pd Dt bandaro mudo, Suhaili Husein Dt mudo dan Zulkifli Ir Dt batin segale serta H. Zamra Dt Bimbo.

Dari DPH LAKTA turut hadir ketua DPH LAKTA yang hal ini diwakili oleh sekretaris DPH LAKTA Rais Hasan piliang, SH MH CLA dan Bendahara DPH LAKTA Dr. H. Ahmad zikri, MH.

Dan juga turut hadir Panglima Besar Dubalang LAKTA H. Safrianto, SE serta Babinsa dan Babinkamtibnas serta Kepala Desa dan Ninik Mamak Desa Sungai Agung.

Dalam orasi adatnya, Panglimo Besar H. Safrianto menyampaikan, bahwa LAKTA telah selesai melakukan pelantikan di semua desa tempatan yang ada di kecamatan tapung, tapung hulu dan tapung hilir, tinggal lagi akan melantik dubalang yang ada di desa yang berasal di Rohul yaitu Kabun, Aliantan dan Tandun serta desa Trans yang kita akan bentuk Dubalang di setiap desa tersebut.

" Dengan dilantiknya desa Sungai Agung maka telah mencapai 1000 orang Dubalang yang sudah kita lantik, semoga 1000 orang dubalang ini siap untuk berkontribusi untuk adat dan daerahnya", ujar Panglimo Besar H. Safrianto SE. Minggu (1/8/2021).

Dalam penyampaian tak lupa juga kades Desa Sungai Agung Akhyar Sidik menyampaikan turut senang dan menyambut baik langkah LAKTA melantik dubalang di desa sungai Agung, sebab sinergi antara pemerintahan, alim ulama dan pimpinan adat di desa Sungai Agung ini, dengan dilantiknya Dubalang ada energi baru untuk bersinergi membangun dan melindungi para generasi muda untuk lebih mencintai adat istiadatnya sendiri dan tidak mudah terpengaruh oleh adat yang bukan milik kita.

Ketua MKA LAKTA H Zulfahmi juga berpesan dalam sambutan nya, "Saya mengucapkan selamat atas di lantik nya dubalang adat LAKTA di desa sungai Agung ini, begitu banyak yang kita korbankan untuk membentuk sampai melantik dubalang di semua desa tempatan yang ada di tapung, mulai dari pengorbanan tenaga, Fikiran hingga waktu kita untuk ini, hendaknya apa yang telah kita lakukan ini semoga di Ridhoi oleh ALLAH, karna kita berbuat ini bukan untuk diri sendiri dan suatu kelompok, akan tetapi kita berbuat ini untuk masa depan anak kemanakan kita yang ada di Tapung, kita patut berbangga hati karna setiap minggu LAKTA terus melakukan pelantikan sampai target yang di tetapkan", ungkap Ketua MKA LAKTA.***

Berita Lainnya

Index