Ombudsman RI Pemateri di Bimtek Musdes dan Muslur Golkar Kampar

Ombudsman RI Pemateri di Bimtek Musdes dan Muslur Golkar Kampar
Suasana Bimtek Partai Golkar Kampar dengan pemateri Deni Rendra S.IP, MSi Ombudsman RI wilayah Provinsi Riau.

BANGKINANG - Dewan Pimpinan Daerah II (DPD II) Partai Golkar Kabupaten Kampar gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang teknik persidangan Musyawarah Desa (Musdes) dan Musyawarah Kelurahan (Muslur) se-Kabupaten Kampar, Sabtu (19/6/2021). 

Bimtek ini menghadirkan dengan pemateri Deni Rendra S.IP, MSi Ombudsman RI wilayah Provinsi Riau. Bimtek digelar di aula kantor DPD II Golkar Kampar, yang dibuka oleh ketua DPD II Golkar Kampar Repol, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dihadiri oleh para Fraksi Golkar DPRD Kampar, Wantim Golkar Kampar Masnur, jajaran pengurus Golkar Kampar, para pimpinan organisasi mendirikan dan didirikan Golkar Kampar, ketua IIPG Erni Haerani Repol dan para pimpinan kecamatan Golkar Kampar. 

Panitia pelaksana, Firman Wahyudi menyampaikan, bahwa tujuan Bimtek adalah agar terleksananya kegiatan Musdes dan Muslur yang akan dilaksanakan oleh pengurus kecamatan Partai Golkar nantinya. 

Musdes dan Muslur nantinya akan dilaksanakan oleh pimpinan kecamatan di  21 kecamatan. 

"Semoga kegiatan Bimtek ini bisa kita ikuti dengan baik dan keikhlasan. Sehingga kegiatan Bimtek ini sangat memberikan manfaat untuk partai Golkar depannya," kata mantan anggota DPRD Kampar dua periode ini. 

Sementara itu dalam arahannya, Repol berharap agar peserta mengikuti Bimtek ini dengan serius. Karena dia selaku ketua Partai Golkar Kampar, menginginkan kader di Partai Golkar, memang benar-benar kader yang paham tentang AD/ART Partai Golkar Kampar.

"Lakukan kegiatan ini dengan serius. Terutama kepada pengurus di kecamatan. Karena pelaksananya Musdes dan Muslur nantinya adalah pengurus kecamatan. Tujuan Bimtek ini agar kader kita benar-benar kader murni yang paham AD/ART partai. Untuk itu, mari kita ikuti Bimtek ini dengan serius," ujarnya.

Repol juga menerangkan, Musdes dan Muslur dijadwalkan dan akan dilaunching pada akhir Juni 2021. Kemudian akan berlanjut secara bergilir ke 251 desa termasuk kelurahan serta akan dijadwalkan selesai di Oktober 2021. Paling lambat Oktober semua desa selesai. Dan Desember selesai semua Surat Keputusan (SK). Dan di akhir 2021 diselesaikan semua konsilidasi. 

Sebelumnya Repol menyampaikan kepada wartawan sukses agenda ini akan menjadi langkah awal sekaligus jalan terang Golkar merebut kejayaannya kembali di Kampar. Dan agenda rutin ini, sesuai AD/ART Partai Golkar. Prosesi Musdes ini merupakan agenda partai di tingkat kecamatan, sehingga pengurus kecamatan-lah yang sepenuhnya melaksanakan kegiatan ini. 

“Sebelum itu, kita akan melatih minimal 3 orang kader per kecamatan untuk dibekali mengenai teknik-teknik persidangan,” ucapnya. 

Repol menekankan kepada pengurus kecamatan, proses Musdes dan Muslur dalam mencari ketua partai untuk tingkat desa maupun tingkat kelurahan harus berjalan riil, murni dan semua tahapannya mesti dilalui tanpa adanya intervensi dari PK apalagi dari DPD. 

“Tidak boleh formalitas, harus murni. Tidak boleh ada intervensi atau diseting-seting pengurus. Biarkan kader di tingkat bawah bersaing secara sehat. Semua tahapan mereka lalui sebagaimana mestinya,” ujar Repol kemudian. 

Selain bertujuan membentuk struktur kepengurusan partai beringin sampai ke tingkat terdepan, agenda ini sebutnya juga merupakan momen konsolidasi elementer dan mengakar di tingkat kader terdepan, yakni di tingkat kecamatan, desa, dusun dan RT/RW. 

“Ini juga bertujuan sebagai langkah konsolidasi kita sebagai partai dengan kader di tingkat terendah di RT dan RW di kampung-kampung,” terang Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar itu. 

Repol menjelaskan konsolidasi dalam agenda Musdes dan Muslur ini sebagai satu dari tiga hal penting program sukses Partai Golkar. Ketiganya kata Repol ialah sukses konsolidasi, sukes program kerja serta sukses Pilpres, Pileg dan Pilkada.(Syaw)

Berita Lainnya

Index