Kukerta Balaek Kampung Kelurahan Balai Raja Melaksanakan Adaptasi Pembelajaran Daring

Kukerta Balaek Kampung Kelurahan Balai Raja Melaksanakan Adaptasi Pembelajaran Daring

Akibat wabah Covid-19 selama tiga Bulan terakhir ini melenda di Riau, timbul pembaharuan atau kebiasaan baru bagi masyarakat.  Salah satunya adalah di bagian Pendidikan, yaitu siswa belajar dirumah menggunakan model pembelajaran Daring ( dalam jaringan). Kegiatan ini pasti membuat guru kebingungan dalam mengajar siswanya, oleh sebab itu kami tim Kukerta Unri bekerja sama dengan ibu lurah Kelurahan Balai raja yaitu Ibu Hemalina S.SOS dan dosen Pembimbing kami yaitu Ibu Rahmita Budiartiningsih.S.E.M.Hum, dan Dosen Pendidikan Fisika mengadakan kegiatan yaitu Adaptasi Pembelajaran Daring Disekolah Kelurahan Balai Raja untuk memfasilitasi guru agar lebih efektif dalam pembelajaran.
Kegiatan diawali dengan menyebarkan  surat undangan kesekolah pada  hari Senin, 03 Agustus 2020 bersama tim kuketa unri. Kemudian menyiapkan ruangan untuk kegiatan tersebut. Acara dilaksanakan hari Kamis 06 Agustus 2020 pukul 13.45 WIB di Aula Kelurahan Balai Raja lantai 2. Acara ini dibuka oleh lurah Balai Raja yang diwakilkan oleh ibu Leli selaku bendahara kelurahan balai raja.
Acara ini diisi oleh keynote dari dosen pendidikan fisika Universitas Riau bernama dr. Muhammad Nasir, S.Si, M. Kom. Dengan materi  Adaptasi Model Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi E-Learning Bagi Semua Tingkat Pendidikan. Beliau menjelaskan arti dari pembelajaran daring kepada audiens, serta menunjukan contoh aplikasi yang bisa digunakan untuk pembelajaran daring disekolah. Seperti menggunakan aplikasi Whatsapp, Google Classroom, Google Meet, Zoom, Youtube serta mengunakan aplikasi delphi 7 untuk membuat animasi dalam pembelajaran daring disekolah dan melakukan beberapa simulasi mengoperasikan aplikasi e-learning.
Kegiatan ini dilaksakana dengan menerapkan protokol kesehatan dari pemerintah. Antara lain yaitu para guru dan Mahasiswa/i sebelum masuk kedalam ruangan memakai handsanitizer, memakai masker, menjaga jarak dan yang paling penting adalah sirkulasi udara dalam ruangan dalam keadaan terbuka karena jendela dibuka semua.
Diharapkan dengan dilaksanakan kegiatan ini, guru di Balai Raja mengetahui apa itu daring, mengetahui aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk pembelajaran, mampu mengoperasikan aplikasi e-learning sehingga pembelajaran Daringberjalan dengan lancardankondusif sesuaidengan RPP yangdisusun dan direncanaka. Diharapkan juga guru mampu berkreasidalam pembelajaran sehingga pesertadidik tidakbosan dan semangat dalambelajar.
Acara ini diikuti oleh 6 guru yang mewakili sekolahnya. Yaitu sekolah SMK NEGERI 1 PINGGIR, SMP NEGERI 2 PINGGIR, SMP SWASTA IT IDBS PINGGIR, SMP IT NUR IKHLAS, SD NEGERI 13 PINGGIR, SDN 4 PINGGIR.  Beserta tim mahasiswa KuKerta UNRI. Mereka sangat antusias dan partsipasi dalam acara ini. Alhamdulilah acara berjalan dengan lancar dan selesai pukul 15.00 wib dan ditutup dengan pembagian serfitikat kepada guru dan keynote
Kegiatan ini didukung diketahui oleh Dosen pembembingkami yaitu ibu Rahmita Budiatiningsih.S.E.M.Hum, ibu Lurah Balai Raja yaitu Ibu Hemalina .S.SOS, dan Masyarakat Kelurahan Balai Raja Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau.

Berita Lainnya

Index