TIM Pengabdian Kukerta Balek Kampung Desa Tanjung Medan Distribusi Handsanitizer Alami

TIM Pengabdian Kukerta Balek Kampung Desa Tanjung Medan Distribusi Handsanitizer Alami

Rabu, 29 Juli 2020, Pencegahan virus covid-19 salah satunya yaitu cuci tangan dengan secara berkala. Saat bepergian jauh dianjurkan menggunakan handsanitizer agar tetap terlindungi dari penyebaran virus Covid-19. Namun sayangnya harga handsanitizer yang tergolong mahal dan susah ditemukan ini membuat kami berinisiatif untuk membuat dari bahan alami. Untuk bahan yang kami gunakan yakni daun sirih dan jeruk nipis. Daun sirih mengandung antiseptik yang dapat melindungi dari virus dan jeruk nipis untuk menambah aroma serta pengawetan handsanitizer tersebut.

15 lembar daun sirih dengan satu buah jeruk nipis merupakan perbandingan dalam skala kecilnya. Untuk proses pembuatannya tidak terlalu rumit. Hal yang perlu dilakukan pertama yaitu membersihkan bahan yang akan digunakan. Kemudian daun sirih dipotong kecil kecil dan dimasukkan dalam wadah. 

Kemudian tuangkan air yang sudah mendidih sebanyak 100 Ml air dengan 15 lembar daun sirih yang telah dipotong dan diletakkan dalam wadah. Kemudian steam daun sirih selama 30 menit menggunakan api kecil.

Setelah itu kemudian saring dan campurkan dengan perasan jeruk nipis sebanyak 1 buah. Aduk dan kemudian kemas dalam botol spray.

Handsanitizer kami produksi sebanyak 20 botol dan kami bagikan ke rumah rumah warga masyarakat sekitar desa tanjung Medan. 

Tujuan kami melakukan ini tentunya agar masyarakat sadar akan kesehatan dan tidak menganggap remeh dari virus yang sedang ramai diperbincangkan di berbagai  negara.

Berita Lainnya

Index