Tim Pengabdian UNRI Sosialisasikan Hand Sanitizer Berbahan Daun Sirih & Jeruk Nipis

Tim Pengabdian UNRI Sosialisasikan Hand Sanitizer Berbahan Daun Sirih & Jeruk Nipis

(Senin, 3 Agustus 2020). Satu di antara cara yang gampang melakukan pencegahan terhadap penyebaran Virus Corona (COVID - 19) adalah dengan menggunakan hand sanitizer. Hand sanitizer mampu membersihkan dan mengurangi kuman yang ada di tangan. Namun, hand sanitizer atau cairan pembersih tangan ini sebaiknya hanya digunakan saat dalam kondisi terbatas, seperti saat kesulitan menemukan air bersih.

Saat beraktivitas di masa new normal ini, hand sanitizer sangat diperlukan oleh masyarakat. Namun Kita sadari bahwa kapasitas ketersediaannya belum tentu memadai terkhususnya di Desa Kepenuhan Barat. Oleh karena itu Tim Kukerta Balek Kampung Universitas Riau 2020 melakukan program pembuatan serta sosialisasi tentang pembuatan hand sanitizer yang di buat dari bahan alami yaitu Daun Sirih dan Jeruk Nipis. 

Sosialisasi tersebut ditujukan kepada Masyarakat di Desa Kepenuhan Barat dibawah bimbingan seorang dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Riau, Roni Salambue, S.Kom., M.Si. 

Dengan adanya sosialisasi tersebut bertujuan dapat memudahkan masyarakat di Desa Kepenuhan Barat dalam memenuhi kebutuhan hand sanitizer dalam menjalankan aktivitasnya. Tidak hanya itu sosialisasi hand sanitizer alami ini juga diharapkan dapat mengurangi pengeluaran dalam hal keuangan bagi masyarakat desa Kepenuhan Barat. Hand sanitizer ini dapat dibuat sendiri dengan bahan yang sangat mudah dijumpai. Proses pembuatannya juga sangatlah mudah dan sederhana jadi dapat dipraktikkan langsung oleh masyarakat. Mengingat bahwa pada masa New normal ini masyarakat harus banyak mengurangi aktivitas di keramaian,. Tim KUKERTA Balek Kampung Universitas Riau hanya mengundang perwakilan kader-kader PKK di setiap dusun di desa Kepenuhan Barat. Sehingga peserta lebih sedikit dan mudah dalam mengatur jarak setiap peserta. 

"Diharapkan kader-kader PKK meneruskan pengetahuan yang didapat dari sosialisasi ini kepada ibu-ibu yang berada di Dusun masing-masing di Desa Kepenuhan Barat" Imbuh Annisa. 

Berikut adalah mahasiswa yang tergabung dalam Tim Kukerta Balek Kampung Universitas Riau 2020 Desa Kepenuhan Barat; Annisa Arum Melati (FKIP), Arief Ivandy Rahman (FAPERIKA), Fadiya Hayati (FEB), Muhammad Naufal Ghifari (FKIP), Ninda Novella Sari (FKIP), Olivia Chintya Rhany (FKIP), Salsabila Masshanty Aliefiarahma (FEB), Sarfina Khairani (FEB), Syifa Ul-Ummah Ramadhani (FISIPOL), Vandy Septiwan Jafesia (FKIP).

Berita Lainnya

Index