Tim Kukerta Balek Kampung UNRI 2020 Desa Babussalam Rokan Sosialisasikan Cara Cuci Tangan

Tim Kukerta Balek Kampung UNRI 2020  Desa Babussalam Rokan Sosialisasikan Cara Cuci Tangan


Cuci tangan pakai sabun (CTPS) adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Hal ini sesuai dengan imbauan yang dikeluarkan oleh badan kesehatan dunia atau WHO. Cairan hand sanitizer, tisu basah, atau krim beralkohol memang berguna untuk membunuh virus ini tetapi tidak seefektif sabun. 

Saat beraktivitas sehari-hari diluar rumah sangat rawan untuk terpapar virus dan kuman, selain itu juga terkadang sulit menemukan fasilitas cuci tangan pakai sabun apabila berada di luar rumah. Oleh karena itu tim Kukerta Balek Kampung Universitas Riau 2020 melakukan program penyediaan fasilitas cuci tangan di tempat-tempat umum Desa Babussalam Rokan dibawah bimbingan seorang dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Riau, Mayarni, S.Sos, M.Si.

Program ini dimulai pada hari ke-4 kegiatan kukerta (16/7/2020). Robi Bintang (FEB) dan Nur Rohani (FKIP) selaku host dari tim Kukerta Balek Kampung 2020 di Desa Babussalam Rokan, Kecamatan Pujud, Kabupaten Rokan Hilir, melakukan survei terhadap tempat-tempat umum seperti masjid dan sekolah yang belum memiliki fasilitas cuci tangan yaitu berupa air dan sabun. Program ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Pada hari ke-5 kegiatan kukerta (17/7/2020), host mengunjungi SD Marginal Babussalam Rokan untuk meminta izin kepada pihak sekolah, untuk dilakukan pemasangan fasilitas cuci tangan sekaligus melakukan sosialisai cara cuci tangan yang benar. Kegiatan ini tentunya mendapat dukungan penuh dari Pembina Sekolah dan Guru. 

“ Kami sangat mengharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat mencegah penularan Covid-19, dan para siswa dapat mencuci tangan pakai sabun sebelum berkumpul di dalam kelas, sehingga bisa merasa aman saat kegiatan pembelajaran dimulai nantinya ”, imbuh Robi.

Senin, (20/7/2020), host dari tim Kukerta Balek Kampung 2020 di Desa Babussalam Rokan melakukan serah terima dan pemasangan fasilitas cuci tangan pakai sabun di SD Marginal Babussalam Rokan. “ Kegiatan ini sangat membantu dalam memutus rantai penyebaran Covid-19, memang disaat inilah kalian mengabdikan diri kepada masyarakat, dan implementasikan ilmu-ilmu yang telah didapatkan selama duduk di bangku kuliah, saya ucapkan terima kasih”, tutur Pembina Sekolah.
         
Berikut adalah mahasiswa yang tergabung dalam Tim Kukerta Balek Kampung 2020 Desa Babussalam Rokan; Robi Bintang (FEB), Nur Rohani (FKIP), Vallerin Goldia TH (FT), Nur Hafizah (FT), Yustia Nurmala Sari (FISIPOL), Fannysa Aidilla (FEB), Rabiyatul Maesyarah (FMIPA), Ica Irawan (FMIPA), Luthfi Agusta Mel (FMIPA), Muhammad Hafez Aljundi (FMIPA).

Berita Lainnya

Index