Bupati Siak: Dana Desa untuk Pemberdayaan Masyarakat

Bupati Siak: Dana Desa untuk Pemberdayaan Masyarakat

RIAUTERBIT.COM - Bupati Siak Alfedri MSi menyampaikan agar dana desa diarahkan ke pemberdayaan masyarakat melalui Usaha Menengah Kecil Masyarakat (UMKM). Dengan harapan masyarakat memiliki pendapatan yang bertujuan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat bisa lebih baik.

"Pemanfaatan dana desa peruntukkannya infrastruktur penting. Namun pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan ekonomi masyarakat juga sangat penting," ujar Bupati Siak Alfedri usai melantik penjabat Penghulu Benteng Hulu dan anggota Badan Permusyawarahan Kampung (Bapekam) Kampung Merempan Hilir Kecamatan Mempura, Rabu (18/12).

Alfedri mengatakan, pemberdayaan usaha rumah tangga dapat memanfaatkan lahan kosong dengan menanam sayuran, serta tanaman yang memiliki nilai ekonomis. "Apa yang menjadi keperluan, itu yang kita tanam," ungkapnya. Dirinya juga berpesan kepada anggota Bapekam jadikan penghulu mitra dalam bekerja. Jangan jadikan lawan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Saya berharap kepada Bapekam yang baru dilantik jadikan penghulu sebagai mitra kerja yang baik,sejajar menjalankan pemerintah kampung dan upaya menjalankan program pembangunan yang bersumber dari dana desa," pesan Alfedri. Alfedri juga menegaskan, setiap pelantikan dilakukan penandatanganan sumpah jabatan dan fakta integritas antinnarkoba.

Hal itu dilakukan kepala penghulu sebagai yang dituakan di kampung menjadi contoh yang baik bagi warganya. "Fakta integritas antinarkoba ini, kami lakukan karena peredaran narkoba sudah menjalar ke semua lini kehidupan. Kita tidak mau penghulu dan Bapekam sebagai tokoh pemuka masyarakat tersandung kasus narkoba," katanya.

Dilantiknya penjabat Penghulu Benteng Hulu lanjut Alfedri, mengingat masa jabatan penghulu lama sudah berakhir 17 Desember lalu, sehingga untuk mengisi kekosongan dan menjalankan roda pemerintahan kampung kembali dilantik.(rpc)

Berita Lainnya

Index