Gerhana Matahari Cincin, PWI Riau Goes to Astro Tourism GMC Siak

Gerhana Matahari Cincin, PWI Riau Goes to Astro Tourism GMC Siak

RIAUTERBIT.COM - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau akan melakukan wisata astro ke Kabupaten Siak. Kegiatan bertajuk Goes To Astro Tourism Gerhana Matahari Cincin (GMC) ini akan dilaksanakan mulai tanggal 25 hingga 26 Desember 2019.

Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang mengatakan, rombongan berangkat dari halaman Gedung PWI Riau Jalan Arifin Achmad pada Rabu (25/12/2019) pukul 08.00 WIB.

"Jadi bagi kawan-kawan Pengurus PWI Riau yang berminat menyaksikan peristiwa langka, Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang terjadi 300 tahun sekali terjadi, dipersilahkan mendaftar untuk ikut dalam acara SPS RIAU - PWI RIAU GOES TO ASTRO TOURISM GMC SIAK," ajak Zulmansyah.

Zulmansyah menjelaskan karena keterbatasan hotel dan bus, peserta dibatasi 30 pengurus saja. Akomodasi, transportasi, konsumsi dan dress code akan disiapkan PWI Riau.

"Jadi kawan-kawan tinggal berangkat saja. Kewajiban kita hanya menulis yang menurut kita layak ditulis. Karena ini peristiwa langka dan menurut saya memang sangat menarik," terang Zulmansyah.

Untuk diketahui, Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan. Sehingga, tidak semuanya sampai ke Bumi. Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Matahari, Bulan dan Bumi tepat segaris.

Dan pada saat itu piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari. Akibatnya, saat puncak gerhana, Matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Wilayah yang terlewati jalur cincin pada GMC 26 Desember 2019 adalah Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilangka, Samudra India, Singapura, Indonesia, Malaysia dan Samudera Pasifik.

GMC 26 Desember 2019 ini dapat diamati di sedikit Afrika bagian Timur, seluruh wilayah Asia, Samudra India, Australia bagian Utara, dan Samudera Pasifik berupa Gerhana Matahari Sebagian.

Namun demikian, fenomena ini tidak akan terlihat di semua wilayah Indonesia. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memprediksi Kabupaten Siak, Riau, akan menjadi lokasi paling ideal menyaksikan Gerhana Matahari Cincin.(ckc)

Berita Lainnya

Index