Keluarga Pilar Utama Bangsa, Pemberdayaan PKK Libatkan Seluuruh Komponen

Keluarga Pilar Utama Bangsa, Pemberdayaan PKK Libatkan Seluuruh Komponen
Hj Zulaikhah Wardan

RIAUTERBIT.COM-Gerakan PKK merupakan sentral dalam membentuk fondasi bangsa, karena sasaran program pokok PKK adalah keluarga. Oleh sebab itu, keluarga dapat disebut sebagai salah satu pilar utama bangsa.

Hal ini disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Hj Zulaikhah Wardan, saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke beberapa kecamatan belum lama ini. Semua tak terlepas melakukan pembinaan administrasi pogram PKK.
"Oleh karena itu pemberdayaan PKK harus melibatkan seluruh komponen" ungkap Ketua TP PKK Inhil, Hj Zulaikhah Wardan Senin, 30 Januari 2017.

Pada beberapa kali pertemuan Zulaikhah dengan kader-kader PKK, selalu membahas program unggulan PKK yang erat kaitanya dengan kesejahteraan kelompok keluarga. Terutama dalam membantu program pemerintah.

Dengan demikian, dia berharap seluruh jajaran TP PKK di semua jenjang agar segera membentuk dan menghidupkan kembali kelompok dasawisma dan posyandu. Sejalan dengan itu kader-kader PKK juga dapat menggalakan kembali penyuluhan-penyuluhan baik yang sifatnya umum, maupun khusus.

Kemudian, kata Ikhah, sapaan akarab Zulaikhah, PKK juga diminta untuk meningkatkan dan mengembakan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang merupakan program pemerintah melalui program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ). Dimana program itu mewajibkan setiap desa untuk memiliki lembaga PAUD.

"Dalam pelaksanaannya, kegiatan PAUD ini  dapat diintegrasikan dengan kegiatan BKB dan Posyandu. Selanjutnya yang perlu diperhatikan peningkatan ekonomi keluarga melalui UP2K PKK,"katanya.

Ikha, menyadari bahwa keberhasilan pelaksanaan program-program kesejahteraan keluarga sangat ditentukan oleh adanya keterpaduan antara gerakan keswadayaan dan partisipasi masyarakat dengan bimbingan dan fasilitasi teknis dari berbagai instansi maupun yang terwadahi dalam dewan pembina TP PKK.

Informasi garis besar tentang posisi dan peranan gerakan PKK seperti itu, sesungguhnya lanjut Ikha, sudah dapat menggambarkan betapa strategisnya fungsi TP PKK beserta kader-kader PKK yang tersebar diseluruh pelosok desa. PKK dapat menjadi perekat antara fungsi-fungsi kemasyarakatan dan fungsi-fungsi pemerintahan.

"Bahkan kita dapat berperan sebagai unsur terdepan yang akan menggalang peran serta masyarakat. Terhadap hal ini, ada faktor kunci agar PKK mentukseskan fungsinya secara optimal" tutupnya. (rgc)

Berita Lainnya

Index