Menjelang Perhelatan Menongkah Heritage 2016 di Desa Tanjung Pasir Kecamatan Tanah Merah

Menjelang Perhelatan Menongkah Heritage 2016 di Desa Tanjung Pasir Kecamatan Tanah Merah
Kadisporabudpar Inhil, Junaidi Ismail, M.Si

RIAUTERBIT.COM - Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan peninjauan langsung persiapan menjelang perhelatan Menongkah Heritage 2016 di Desa Tanjung Pasir Kecamatan Tanah Merah, Rabu (3/8/16).

Kadisporabudpar Junaidi Ismail, M.Si yang di dampingi oleh Kabid Pariwisata Hariono Karim, dan Kasi Pengembangan Wisata dan Ekonomi Kreatif Esti Naruliza, pada kesempatan itu menuturkan, bahwa kegiatan Festival Menongkah Heritage ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, dalam hal ini guna untuk memperkenalkan kepada dunia luar bahwa etnis Duanu juga memiliki kebudayaan yang menunjukan bahwa mereka memiliki semangat juang yang tinggi dan guna memperkaya khasanah budaya di Inhil.

“Kegiatan ini merupakan kekayaan daerah yang harus dijaga kelestariannya, dan ini juga bukan hanya kekayaan yang di miliki Kabupaten Indragiri Hilir, akan tetapi ini kekayaan milik dunia yang kebetulan ada di Inhil, mesti kita jaga terus keberadaannya,” tukas Junaidi Ismail yang juga merupakan mantan Camat pada tahun 2006 – 2008, Rabu (3/8/16).

Sementara itu, ketua pelaksana Menongkah Heritage 2016, Sarpan Firmansyah, S.Pi, sebutkan pelaksanaan yang akan dilaksanakan pada Minggu (7/8/2016) ini, sudah memiliki kesiapan berkisar 70 persen.

“Segala persiapan sudah kita matangkan, baik jerambah penghubung, dan ponton tempat pembukaan juga sudah kita koordinasikan,” ucap Sarpan, Rabu (3/8/2016).

Menjelang puncak pelaksanaan Menongkah Heritage 2016 pada Minggu tanggal 07 Agustus 2016 ,hari ini akan digelar dulu Pentas Seni Budaya Duano dengan mengangkat tema “Satu Dalam Ke-Bhinekaan” serta permainan dan peragaan aktivitas kesenian masyarakat Duano.

“Hari ini kita akan menggelar dulu pentas seni, yang bertemakan “Satu Dalam Ke-Bhinekaan” yang mana pentas seni ini menceritakan kesenian dan aktivitas masyarakat Duanu serta kesehariannya ,” terangnya.

Selian itu, Sarfan juga membeberkan selain melaksanakan pentas seni untuk hari ini juga akan diadakan beberapa Testimoni dari Lintas Kesukuan yang ada di Kecamatan Tanah Merah Guna memberikan pandangan serta sedikit menceritakan bagaimana eksistensi masyarakat Duanu ditengah-tengah masyarakat

“Kita meminta kepada keluarga kita dari Lintas Paguyuban yang berada di Kecamatan Tanah Merah untuk memberikan pandangan terhadap suku Duanu, katakanlah ini sebuah testimoni pandangan terhadap kami, baik dari segi kemajuan serta kekerabatan dalam kehidupan,” terangnya.(zon)

Berita Lainnya

Index