Polresta Pekanbaru Semprotkan Desinfektan Pakai Drone

Kamis, 26 Maret 2020 | 10:48:35 WIB

RIAUTERBIT.COM - Tak hanya gencar melakukan giat patroli untuk melakukan imbauan dan sosialisasi demi mencegah penyebaran Covid-19, Polresta Pekanbaru juga melakukan penyemprotan desinfektan secara bertahap ke beberapa kecamatan dan kelurahan di Pekanbaru sebagai langkah antisipasi dini terhadap wabah virus mematikan Covid-19 tersebut.

Penyemprotan desinfektan itu sendiri dilakukan petugas dengan menggunakan drone di tiga kelurahan yang berada di Kecamatan Pekanbaru Kota, yakni Kelurahan Tanah Datar, Kelurahan Sukaramai dan Kelurahan Kota Baru, Rabu (25/03/20).

 

Menurut Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya melalui Wakapolresta, AKBP Yusuf Rahmanto, sebelum dilakukan penyemprotan tersebut, pihaknya sudah lebih dulu berkoordinasi dengan Biddokkes Polda Riau untuk memastikan bahwa larutan yang disemprotkan tidak berbahaya bagi manusia dan hewan karena menggunakan bahan dasar air.

 

"Untuk hari ini (Rabu), (penyemprotan desinfektan) kita laksanakan di dua kecamatan. Yaitu Kecamatan Pekanbaru Kota dan sore nanti di Kecamatan Rumbai. Di Kecamatan Pekanbaru Kota ini sendiri, ada 3 kelurahan yang kita lakukan penyemprotan, Tanah Datar, Sukaramai dan Kota Baru," ujarnya.

 

Dia menjelaskan, setiap satu kali melakukan penyemprotan, maka drone memerlukan 15 liter air yang sudah terisi. Drone itu nantinya akan naik turun beberapa kali ketika bergerak melakukan penyemprotan di tiap satu kelurahan.

 

Namun, mengingat banyak dan luasnya lokasi yang akan menjadi sasaran penyemprotan desinfektan tersebut, Yusuf pun menuturkan pihaknya sudah membawa sejumlah batrai cadangan untuk drone tersebut.

 

"Untuk penyemprotan itu menggunakan satu drone saja, tapi tetap didampingi drone yang lain yang memantau situasi di sekitar lokasi penyemprotan. Setiap satu kali (drone) naik, itu durasinya 12 menit, jadi kita sudah siapkan juga beberapa batrai cadangannya," gumamnya.

 

Di lokasi yang sama, Kasubdit Dokpol Biddokkes Polda Riau, AKBP Agung Adi Wijanarko mengatakan, khusus di wilayah Kecamatan Pekanbaru Kota sendiri, pihaknya telah menyiapkan 60 liter air yang dipakai untuk penyemprotan desinfektan.

 

Setelah penyemprotan selesai dilakukan, sambungnya, warga pun bisa mengelapnya dengan kain sehingga virus yang terkena semprotan desinfektan bisa langsung mati.

 

"Kita imbau kepada semua masyarakat supaya memperhatikan kesehatannya. Menjaga pola hidup bersih. Saling menjaga jarak dengan orang lain dan sesering mungkin mencuci tangan pakai sabun dan membilasnya dengan air yang mengalir," tandasnya.(rtc)

Terkini