PJ Bupati Kampar Kukuhkan Bunda Paud Kabupaten Kampar 

PJ Bupati Kampar Kukuhkan Bunda Paud Kabupaten Kampar 

Bangkinang,- Pj Bupati Kampar Dr.H.Kamsol.MM menghadiri acara Pengukuhan Bunda Paud Kabupaten Kampar Periode 2022-2027 di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar.(15/11/2022)

Turut hadir pada kesempatan tersebut, diantaranya Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga Drs.M.Yasir.MM, Bunda Paud Provinsi Riau di wakili oleh Ketua Pokja Provinsi Riau Erlina.S.Psi, Bunda Paud Kabupaten Kampar Deswita Kamsol dan Ketua Organisasi Wanita Se-Kabupaten Kampar beserta Bunda Paud Kecamatan Se-Kabupaten Kampar.

Pj Bupati Kampar Dr.H.Kamsol.MM menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah saya mengucapkan selamat dan sukses kepada ibu Deswita yang baru saja dikukuhkan sebagai bunda PAUD Kabupaten Kampar periode 2022-2027. kita sadari bersama, bahwa keberadaan pendidikan anak usia dini sangatlah penting dan strategis dalam membina tumbuh kembangkan anak secara optimal. sebagaimana yang diamanahkan dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional yang direalisasikan dengan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan RI nomor 39 tahun 2014 tentang standar PAUD, bahwa pendidikan anak usia dini yang singkat PAUD merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia Enam tahun yang dilakukan melalui pemberian ransangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan.

"pada hari ini, kita semua hadir dan berada ditempat ini, tentu mempunyai kehendak yang sama serta mempunyai kepedulian besar terhadap pendidikan anak usia dini, yakni sama-sama ingin membantu mewujudkan pertumbuhan dan perkembangan anak agar pada saatnya nanti, mereka memiliki kesiapan mental untuk memasuki pendidikan tingkat lanjut, mengantar mutiara bangsa ke gerbang masa depan mereka yang lebih baik. kita semua tentu sadar, bahwa pendidikan awal masa pertumbuhan anak sangatlah penting. Pada usia dini, otak berkembang dengan sangat cepat, otak juga dapat menerima dan menyerap segala sesuatu yang dilihat dan didengarnya, tidak hanya yang baik saja, akan tetapi juga hal-hal yang kurang baik, semua itu diserap tanpa kecuali. masa itu adalah masa-masa dimana perkembangan fisik, mental dan spiritual seorang anak akan mulai terbentuk. oleh karena itu fase ini disebut Golden Age (masa keemasan) bagi seorang anak. 

Oleh karena itu, kepada kita semua, terutama kepada orang tua haruslah hati-hati, jangan biarkan anak mendapatkan konsumsi berita maupun tingkah laku yang tidak patut buat mereka sebagaimana yang saya sebutkan tadi bahwa mereka menyerap semuanya ini dilakukan sebagai wujud tanggung jawab kita sebagai orang tua untuk berhati-hati dalam membimbing anak, jangan pernah berkata kasar di depan anak-anak, karena itu akan terekam dalam otaknya jadi, semua yang baik-baik itu yang seharusnya dilakukan dan dicontohkan kepada kita semua, terutama kepada orang tua saya ingatkan bahwa pendidikan anak usia dini ini bukanlah semata-mata tanggung jawab pemerintah dan lembaga PAUD saja, akan tetapi seluruh masyarakat juga harus bersama-sama berperan aktif mensukseskan pendidikan anak usia dini sesuai peran masing-masing. 

Dalam kesuksesan, kita tidak boleh cepat berpuas diri, pekerjaan dan pencapaian besar untuk memasyarakatkan Paud masih menunggu. melalui intervensi kebijakan pemerintah, baik pusat maupun daerah, dengan menggerakkan instrumen dari tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa sampai tingkat dusun. ternyata di Kabupaten Kampar saat ini ada sekitar 764 lembaga PAUD yang tersebar disetiap Desa dan Kelurahan. 

Apa yang kita lakukan dengan investasi besar di PAUD sangatlah memiliki argumentasi yang kuat , tugas kita yang paling utama adalah memastikan bahwa apakah anak-anak kita sudah terlayani oleh lembaga Paud diwilayah kita masing-masing.

Paud berkualitas menjadi investasi berharga, karena ketika otak manusia sedang dibangun menjadi kesempatan emas untuk mempertajam keterampilan akademik, sosial dan integratif anak yang akan bermanfaat bagi kehidupan nanti, baik secara sosial maupun ekonomi. mengutip hasil penelitian oleh Prof. james heckmen seorang guru besar Universitas Chikago penerima nobel bidang ekonomi mengatakan bahwa investasi satu dolar dalam PAUD berkualitas akan memperoleh imbalan 13 dolar (13 kali lipat) sintesa lainnya menurutnya bahwa ada hubungan yang signifikan dengan Paud yang berkualitas akan penghasilan keluarga khususnya bagi anak dari keluarga berpenghasilan rendah oleh sebab itu peningkatan kualitas Paud kini telah menjadi komitmen dunia, agenda perkembangan anak usia dini telah masuk dalam agenda PBB melalui program pembangunan berkelanjutan (Sustainable Develpment Goal) pada tahun 2030 dunia berkomitmen memastikan semua anak memperoleh akses terhadap perkembangan, perawatan dan pendidikan anak usia dini sehingga mereka siap untuk memasuki pendidikan dasar. 

Kepada bunda Paud kami berharap untuk memastikan setiap anak yang lahir memiliki identitas berupa akta kelahiran agar mereka dapat menjadi warga Negara Indonesia yang terlindungi hak-haknya sejak dini, selain itu bunda Paud juga harus mendorong agar para orang tua ikut aktif berpartisipasi dalam kegiatan bina keluarga balita. pelibatan orang tua dalam kegiatan pembelajaran di sekolah (parenting) dan kegiatan lain yang mendukung kemajuan dunia pendidikan, kenyataan saat ini disinyalir bahwa masih rendahnya partisipasi orang tua oleh sebab itu kepada para guru kami menghimbau bahwa cara pengasuhan yang disampaikan Paud jangan sampai berbeda bahkan bertolak belakang dengan pola pengasuhan dirumah, tingkatkan dedikasi dan kompetensi kepada dinas dan instansi terkait.

Kami tegaskan bahwa lakukan terobosan yang inovatif, mari serius dan ikhlas beramal dalam pelayanan dan pengelolaan manajemen pendidikan khususnya di Paud ini. sehingga diharapkan Kabupaten Kampar menjadi salah satu untuk rintisan Paud dengan program serupa bisa diterapkan di masa yang akan datang. pada kesempatan ini saya juga mengajak semua pihak dan komponen masyarakat mari kita bersama seiring sejalan dan setujuan serta saling bahu membahu dalam menyiapkan generasi emas di masa depan yang lebih sejahtera.

Dalam hal ini Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga Drs.M.Yasir.MM tujuan pelaksanaan pelantikan bunda Paud Kabupaten Kampar adalah terlaksananya pengukuhan Bunda Paud di Kabupaten Kampar sebagai penggerak utama dalam pembinaan layanan pendidikan anak usia dini.(rilis)

Berita Lainnya

Index