Bersempena dengan HARKANNAS, DKP Bengkalis Taja Bakar Ikan Masal

Bersempena dengan HARKANNAS, DKP Bengkalis Taja Bakar Ikan Masal
Pj Bupati Bengkalis ketika ikut membakar ikan disalah satu stand peserta(20/12)

RIAUTERBIT.COM-Bersempena dengan peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bengkalis taja kegiatan bakar ikan masal Minggu, 20 Desember 2015 di Lapangan Tugu Bengkalis. Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Provinsi Riau H Ahmad Syah Harrofie.

Harrofie mengatakan, salah satu faktor yang turut menentukan keberhasilan dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan cerdas adalah terpenuhinya asupan protein hewani. Salah satunya adalah protein dari ikan ini. ''Kalau anak kita, generasi muda kita ingin cerdas, ingin sehat, maka ikan merupakan salah satu sumber protein yang terbaik untuk itu'' ujarnya.

Ia mengapresiasi kegiatan bakar ikan massal tersebut. Dia berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan dan dijadikan salah satu ciri identitas Kabupaten Bengkalis sebagai daerah bahari yang kaya akan potensi ikan. ''Untuk ke depan, sebaiknya dilaksanakan langsung di tepi pantai, sehingga lebih terasa menyatu dengan habitat dimana ikan ikan tersebut didapat'' sarannya.

Harrofie yang merupakan Pj Bupati Bengkalis ini, juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan dan membudayakan mengkonsumsi ikan, khususnya untuk anak-anak dan generasi muda karna ikan mengandung gizi yang baik untuk tubuh. "Kandungan omega-3 pada ikan, khususnya pada ikan laut sangat dibutuhkan oleh otak. Selain itu kolesterol ikan juga sangat sehat. Tentunya, ikan yang kita makan tersebut bukan hanya ikan asin atau ikan teri, tetapi ikan segar'' harapnya.

Sebelum membuka kegiatan tersebut, bersama Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Harrofie meninjau peserta bakar ikan massal tersebut. Bahkan di sejumlah stand peserta, keduanya menyempatkan diri turut serta membakar ikan.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan Kabupaten Bengkalis, H Amril Fakhri, mengatakan peserta yang mengikuti kegiatan bakar ikan massal berjumlah sekitar 500 orang. Mereka berasal 54 kelompok nelayan dari berbagai desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Bantan. ''Selain itu, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan berbagai lomba. seperti lomba dongeng anak-anak, senam penguin dan lainnya'' imbuhnya.

Amril menambahkan, bakar ikan massal di Lapangan Tugu itu merupakan kegiatan bakal ikan massal kedua yang ditaja DKP Kabupaten Bengkalis untuk memperingati Harkannas ke-2 tahun 2015. (*)

Berita Lainnya

Index