Pilkada Serentak Masih Diwarnai Keluarga Pejabat Sebelumnya

Pilkada Serentak Masih Diwarnai Keluarga Pejabat Sebelumnya

RIAUTERBIT.COM - Pilkada serentak pada 9 Desember 2015 telah selesai. Hasil resmi masing-masing pilkada itu masih menunggu proses rekapitulasi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tiap daerah. Tetapi berdasarkan hitung cepat (quick count) yang dilakukan sejumlah lembaga survei telah diketahui calon-calon yang unggul. Sebagian yang lain adalah kerabat atau famili penguasa sebelumnya.

Berikut ini enam calon kepala daerah yang memiliki hubungan kekeluargaan dengan penguasa sebelumnya, yang unggul dalam perolehan suara berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei.

Misalnya di Kota Tangerang Selatan, paslon Airin Rachmi Putri Diany-Benyamin Davni, calon wali kota dan wakil wali kota Tangerang Selatan, meraih 60,2 persen suara menurut hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Pasangan itu mengalahkan dua lawannya di Tangerang Selatan. Airin Rachmi Putri Diany adalah adik ipar Ratu Atut Chosiyah, mantan Gubernur Banten. Airin menikah dengan Tubagus Chaeri Wardana (Wawan), adik Ratu Atut.

Di Kabupaten Serang, paslon Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa, calon bupati dan wakil bupati Serang, memperoleh 60,58 persen menurut hitung cepat lembaga survei Indo Barometer. Ratu Tatu Chasanah adalah adik kandung Ratu Atut Chosiyah, mantan Gubernur Banten.

Di Kabupaten Pandeglang, paslon Irna Narulita-Tanto Warsono, calon bupati dan wakil bupati Pandeglang, unggul dengan memperoleh 70,02 suara. Pasangan itu mengalahkan dua pesaingnya, yakni Ratu Siti Romlah-Aep Syaefullah yang memperoleh 19,42 persen suara dan Aap Aptadi-Dodo Djuanda yang memperoleh 11,67 persen suara. Tanto Warsono Arban adalah menantu Ratu Atut Chosiyah, mantan Gubernur Banten.(int)

Berita Lainnya

Index