Kebakaran Plaza Sukaramai & Hikmah Di Balik Sebuah Musibah

Kebakaran Plaza Sukaramai & Hikmah Di Balik Sebuah Musibah
Ayat Cahyadi dan Istri

RIAUTERBIT.COM-Dibalik bencana ada hikmah, ada pelajaran, ada kebaikan. Mari kita renungkan, kita temukan rahasia di balik bencana yang tengah terjadi

Salam,,, Selamat pagi sahabat semua. Belum lepas diingatan kita bencana kabut asap yang melanda kota Pekanbaru kita dua bulan lebih lamanya. Kembali kota Pekanbaru berduka ditimpa bencana kebakaran.

Pada sore senin kemaren, kita dikejutkan oleh berita bencana kebakaran di Plaza Sukaramai Pekanbaru. Saat terjadi kebakaran, saya langsung perintahkan agar seluruh armada pemadam kebakarandikerahkan untuk melakukan pemadaman api.

Pada keesokan harinya (selasa pagi), selepas mengisi kuliah shubuh di Masjid Asy Syakur Limbungan kecamatan Rumbai Pesisir, saya langsung bergegas menuju lokasi kebakaran. Sesampainya di sana, saya langsung dicegat oleh banyak pedagang.

Mereka menceritakan kesedihan dan keluh kesahnya tentang nasib mereka, tentang kebakaran yang telah menghanguskan barang dagangan mereka sementara mereka tidak bisa berbuat apa-apa untuk menyelematkan barang-barang dagangannya.

Saat wawancara di RTV, kembali saya tegaskan bahwa focus pertama kita adalah pemadaman api sehinggaa kerugian pedagang dapat diminimalisir.

Sahabat sekalian, patut kita renungi, dibalik musibah ini pasti ada hikmah yg akan kita dapatkan. Sebagaimana Allah SWT nyatakan dalam firman Nya Surat Al Baqoroh ayat 155-156:

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.”

“(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun (Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah kami kembali)”.

Dan juga kita dapati dalam sabda nabi Muhammad SAW :

“Tidaklah seseorang muslim ditimpa keletihan, penyakit, kesusahan, kesedihan, gangguan, kegundah-gulanan hingga duri yang menusuknya, melainkan Allah akan menghapuskan sebagian dari kesalahan-kesalahannya.” (HR. Bukhari no. 5641).

“Tiada seorang mukmin yang tertusuk suatu duri atau bahkan yang jauh lebih sakit, kecuali Allah pasti akan menghapus kesalahan dan mengangkat derajat.” Imam Muslim.

Saya ingin menambahkan sedikit cerita tentang pentingnya selalu berprasangka baik kepada Allah SWT yang saya rangkum dari sebuah artikel yang mungkin sudah pernah kita baca sebelumnya…..

Dahulu kala ada seorang petani miskin memiliki seekor kuda putih yg sangat cantik dan gagah.

Suatu hari seorang saudagar kaya ingin membeli kuda tersebut dan menawarkan harga yg sangat tinggi. Sayang si petani tidak menjualnya. Teman-temannya menyayangkan dan mengejek dia karena tak mau menjual kuda tersebut.

Keesokan harinya kuda itu hilang dari kandangnya. Teman-temannya berkata: "sungguh jelek nasibmu, padahal kalau kemarin dijual kamu jadi kaya, kini kudamu hilang." Si petani diam saja.

Beberapa hari kemudia kudanya kembali bersama 5 ekor kuda lainnya. Lalu Teman-temannya berkata:"Wah, beruntung sekali nasibmu, ternyata kudamu membawa keberuntungan." Si petani hanya diam saja.

Beberapa hari kemudian anak si petani yg sedang melatih kuda-kuda baru terjatuh dan kakinya patah. Teman-temannya kembali dan berkata:"Rupanya kuda-kuda itu membawa sial, lihat sekarang anakmu patah kakinya." Dan si petani tetap diam tanpa komentar.

Seminggu kemudian terjadi perang di wilayah itu semua anak muda di desa dipaksa untuk berperang kecuali anak si petani karena kakinya patah. Teman-temannya mendatanginya sambil menangis; "beruntung sekali nasibmu anakmu tidak ikut berperang, kami harus kehilangan anak-anak kami."

Si petani lalu berkomentar:"Janganlah terlalu cepat membuat kesimpulan dengan mengatakan nasib baik atau jelek. Semuanya adalah suatu proses. Syukur & terima keadaan yg terjadi saat ini, apa yg kelihatan baik hari ini belum tentu baik untuk esok hari. Apa yg buruk hari ini belum tentu buruk untuk esok hari.

Tetapi yg pasti Allah paling tahu yg terbaik buat kita. Bagian kita adalah : "Mengucap syukur dlm segala hal, sebab itulah yg dikehendaki Allah dlm hidup kita...

 
Sahabat semua,,, Dibalik bencana ada hikmah, ada pelajaran, ada kebaikan. Mari kita renungkan, kita temukan rahasia di balik bencana yang tengah terjadi ini. Allahu a’lam... Semoga bisa menjadi penguat bagi saudara-saudara kita yang tengah ditimpa musibah bencana kebakaran Plaza Sukaramai... Aaamiiin. (*)

Oleh :  Ayat Cahyadi  Wakil Walikota Pekanbaru

Sumber: www.ayatcahyadi.com

 

Berita Lainnya

Index