Advetorial

Ahmad Efendi Siregar : Wapres Dipastikan Hadir Dalam Pembukaan Konggres ke-29 HMI di Pekanbaru

Dibaca: 7660 kali  Kamis,19 November 2015
Ahmad Efendi Siregar : Wapres Dipastikan Hadir Dalam Pembukaan Konggres ke-29 HMI di Pekanbaru
Ket Foto : Wakil Presiden JK dijadwalkan buka Konggres ke-XXIX pada 22-26 November mendatang. Namun kedatangan Wapres diperkirakan hanya 2,5 jam saja di Riau.

RIAUTERBIT.COM - Pembukaan Konggres ke-XXIX Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pada 22-26 November akan dibuka Wakil Presiden Jusuf Kalla. Namun, orang nomor dua di Indonesia ini tidak akan lebih dari 2,5 jam berada di Pekanbaru.

Selain Jusuf Kalla, sejumlah menteri yang dulu pernah tergabung dalam HMI, juga akan berkunjung ke Riau. Seperti Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Annas Baswedan, Menteri Agraria dan Tata Ruang, Ferry Mursyidan Baldan, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, mantan Ketua DPR RI yang juga dewan penasehat Golkar Akbar Tanjung.

"Pak JK rencananya di Pekanbaru cuma membuka Kongres HMI aja, lepas itu kembali ke Jakarta," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, didampingi Ketua Cabang HMI Pekanbaru Syueb serta Ketua Panitia Lokal Kongres HMI, Ahmad Effendi Siregar, di ruang rapat gubernur, Kamis (19/11/15).

Kegiatan ini menurut Plt Gubri tentunya dapat dimanfaatkan untuk mengangkat nama Riau ke kancah nasional. Apalagi para alumni HMI yang nota bene juga banyak menjabat sebagai menteri akan hadir ke Pekanbaru.

Dengan begitu, hal ini dipandang hal penting. Apalagi, Plt Gubri juga berpesan kepada seluruh peserta HMI khususnya dari Riau juga dapat menjadi duta dari masyarakat untuk memunculkan ide-ide cemerlang serta memberikan image positip dengan Riau kepada peserta kongres lainnya. Sementara, Ketua Panitia Lokal Kongres HMI, Ahmad Effendi Siregar menyatakan persiapan pelaksanaan kongres berjalan dengan lancar. Persiapan tekhnis penyambutan para tamu juga sudah dimatangkan.

"Harapan kami tentunya kongres ini dapat didukung seluruh elemen masyarakat Riau. Kami janji tidak akan mengecewakan amanah yang telah diberikan kepada kami," ujarnya.

Ada pun terkait Presiden Joko Widodo yang sebelumnya dijadwalkan membuka acara kongres HMI, menurut Ahmad Effendi, memang setakat ini pihak istana sudah mengkonfirmasi mengutus JK membuka konggres.

"Kita sudah konfirmasi memang pihak istana telah mengutus pak JK. Tapi kami tetap terus berkoordinasi apakah ada perubahan nantinya," ungkap Ahmad Effendi.

Ketum Cabang : Percayalah, kami tak akan main-main atas apa yang telah dipercayakan kepada HMI

 

Ketua HMI Cabang Pekanbaru Syueb Idris



Anggaran transportasi peserta penuh Konggres ke-XXIX Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Pekanbaru telan dana sebesar Rp2 miliar. Anggaran ini sendiri bersumber dari bantuan pribadi JK dalam bentuk tiket, yang apa bila di uangkan mencapai angka 2 miliar .

Demikian dikatakan Ketua HMI Cabang Pekanbaru Syueb usai konfrensi pers persiapan Kongres ke-XXIX HMI di ruang rapat Kantor Gubernur Riau, Kamis (19/11/15). Hadir pada kegiatan tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, ketua panitia lokal Kongres HMI Ahmad Effendi Siregar, Danrem 031/WB Brigjend TNI Nurendi, Kapolda Riau.

Anggaran Rp2 miliar yang diperuntukan untuk transportasi peserta penuh kongres tersebut diperuntukan untuk biaya tiket pesawat, baik untuk peserta mahasiswa maupun dari para alumni yang dijadwalkan akan hadir Kongres HMI yang dilaksanakan pada 22-26 November mendatang.

Sementara diluar transportasi, barulah dibebankan kepada APBD melalui dana hibah yang mencapai Rp3 miliar. Dari dana ini menurutnya, dipergunakan untuk kegiatan tekhnis pelaksanaan acara termasuk biaya penginapan seluruh peserta kongres dan alumni yang hadir.

Selain sudah mendapatkan bantuan anggaran bersumber dari APBN dan APBD Riau melalui dana hibah, Kongres HMI juga dikabarkan menyebarkan proposal bantuan ke pihak-pihak lainnya mulai dari pemerintah daerah mau pun pihak swasta lainnya.

Namun saat ditanyakan prihal itu, Syueb menyatakan tidak ada menurut sepengetahuannya. Meski begitu, Syueb mengaku siap membuka diri jika ada pihak-pihak tertentu yang ingin membantu pelaksanaan Kongres HMI.

"Saya tak tahu, tapi kalau ada kami tidak menutup diri. Soal adanya kritikan berharap seluruh elemen masyarakat untuk mendukung. Percayalah, kami tak akan main-main atas apa yang telah dipercayakan kepada HMI. Kami janji tidak akan mengecewakan," ujar Syueb.( Adv)
 

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »