Walikota Ekspos Program PMBRW di Hadapan DPRD Pekanbaru

Walikota Ekspos Program PMBRW di Hadapan DPRD Pekanbaru
Walikota Pekanbaru Firdaus MT

RIAUTERBIT.COM - Ranperda Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun Warga (PMB-RW) Kota Pekanbaru, kini sedang dibahas di DPRD Pekanbaru. Namun Ranperda ini masih dikhawatirkan banyak kalangan, jika tetap diluncurkan. Karenanya usai paripurna penetapan Prolegda 2016, Rabu (18/11/2015) petang, Walikota Pekanbaru Firdaus MT menyempatkan diri mengekspos program ini di hadapan anggota DPRD Pekanbaru.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT menyampaikan, program ini diluncurkan bukan asal jadi saja. Tapi sudah dirancang sejak tahun 2012 lalu. Latar belakang program ini untuk mewujudkan masyarakat Kota Pekanbaru yang madani. "Kalau mau jadi masyarakat maju, harus berinovasi. Ini juga untuk membangun Kota Pekanbaru ke depan," papar Wako.

Dijelaskannya, program ini juga untuk pembangunan berbasis wilayah, termasuk penerapan masjid paripurna. sehingga tercapai masyarakat madani. Ada slogan PMBRW ini tridaya yakni pemberdayaan ekonomi, pemberdayaan sosial dan pemberdayaan lingkungan. Stake holder program ini Bappeda, Camat, Lurah, LKM RW dan tim pendamping.

Untuk sasaran dan tujuannya untuk kerukunan, kesejahteraan dan bersih sehat serta asri di lingkungan masyarakat. Sementara untuk sasaran, sebagai kesetiakawanan sosial, kesempatan dan lapangan kerja serta jual beli di tengah masyarakat, sarana dan prasarana serta kelestrian lingkungan.

Dalam ekspos ini, Walikota juga boyong dua RW percontohan, yakni RW 02 Tangkerang Barat, Marpoyan Damai dan RW 015, Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan. Walikota juga membawa Kadis Koperasi Pekanbaru Ingot Ahmad. Mereka masing-masing memaparkan tentang penerapan PMBRW sangat perlu.

Ekspos dilakukan sudah berlangsung satu jam lebih. Hingga berita dirilis, ekspos masih berlangsung. (*)

Berita Lainnya

Index