Pak Raden Tutup Usia, Wafat di Usia 82 Tahun

Pak Raden Tutup Usia, Wafat di Usia 82 Tahun
Pak Raden / Suyadi, nama asli tokoh yang menciptakan cerita si Unyil itu meninggal dunia dalam usia 82 tahun di Rumah Sakit Pelni, Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (30/10/2015) malam.

RIAUTERBIT.COM- Seluruh masyarakat Indonesia tidak akan bisa lagi menyaksikan penampilan sosok Pak Raden di televisi, kecuali tayangan yang sudah ada sebelumnya. Sebab, tokoh orangtua berkumis lebat di serial film Si Unyil itu telah pergi ke Sang Khalik.

Suyadi, nama asli tokoh yang menciptakan cerita si Unyil itu meninggal dunia dalam usia 82 tahun di Rumah Sakit Pelni, Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (30/10/2015) malam.

Informasi tentang wafatnya Pak Raden disampaikan asisten Suyadi, Prasodja Chusnanto. "Innalillahiroji’un telah wafat kakek kami tercinta, guru bangsa, legenda dongeng Indonesia, maestro sketsa Indonesia Dr Suyadi (Pak Raden), pada hari Jumat malam jam 22.20 WIB. Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya," tulis Prasodja Chusnanto melalui SMS Jumat (30/10/2015).

Suyadi lahir di Jember, Jawa Timur, 28 November 1932. Nama Pak Raden terkenal berkat serial boneka Si Unyil pada 1980-an. Pak Raden terkenal dengan kumisnya yang tebal dan mengenakan tongkat. Ia merupakan lulusan seni rupa Institut Teknologi Bandung tahun 1952 hingga 1960. Lalu melanjutkan pendidikan belajar animasi di Prancis pada tahun 1961 hingga 1963.

Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Pak Raden memang dikabarkan mengalami gangguan kesehatan. Ia sempat mengeluh tak enak badan lalu tak sadarkan diri.(jpnn)
 

Berita Lainnya

Index