Ada 769 Titik Panas di Sumatera, Riau Kembali Diselimuti Asap

Ada 769 Titik Panas di Sumatera, Riau Kembali Diselimuti Asap
Kepala BMKG Pekanbaru Sugarin

RIAUTERBIT.COM- Pagi ini di Sumatera terpantau munculnya titik panas sebanyak 769 dan terbanyak di Sumatera Selatan (Sumsel). Imbasnya, langit Riau kini terkepung asap.

Data MBKG Pekanbaru merilis, Jumat (16/10/2015), sebaran titik panas terbanyak di Sumsel dengan jumlah 537. Disusul Jambi 97, Babel 64, Lampung 38, Riau, 22, Bengkulu 7, Kepri 1.

Untuk wilayah Riau, dari 22 kemunculan titik panas, menyebar di di Kabupaten Inhil 12, Meranti 6, Siak 2 dan Pelalawan 2.

"Confidence 70% di Riau atau sama dengan 14, di Inhil 7, Meranti 5, Siak 2," kata Kepala BMKG Pekanbaru Sugarin kepada wartawan.

Pagi ini wilayah Riau kembali diselimuti asap. Padahal sudah sepekan ini asap mulai menipis. Namun pagi ini jarak pandang di Pekanbaru kembali hanya menembus 500 meter saja. Padahal jarak pandang kemarin sempat 4 Km dan langit kelihatan  bersih.

Untuk Kabupaten Inhu, khususnya di kota Rengat, jarak pandang hanya tembus 10 meter. Ini karena dikepung asap dan embun. Di Kabupaten Pelalawan juga diselimuti asap pekat, dengan jarak pandanga hanya 600 meter.

"Secara umum cuaca wilayah Provinsi Riau berawan dan diselimuti kabut asap. Peluang hujan ringan tidak merata terjadi di Riau bagian barat dan utara pada sore atau malam hari," kata Sugarin.
(dtk)

Berita Lainnya

Index