Jokowi Akan Tempuh Jalur Darat dari Padang ke Jambi dan Riau

Jokowi Akan Tempuh Jalur Darat dari Padang ke Jambi dan Riau

RIAUTERBIT.COM - Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja bertolak menuju Jambi dan Riau untuk memantau langsung penanganan bencana kabut asap. Tetapi karena jalur udara tak dapat dilalui, maka Jokowi dan rombongan menempuh jalur darat dari Padang, Sumatera Barat.

Menurut informasi yang diterima, Kamis (8/10/2015) Jokowi dan rombongan berangkat dari Lanud Halim Perdanakusuma tadi siang dan kini telah berada di Padang. Di kota tersebut Jokowi menyempatkan diri untuk memantau langsung pemanfaatan dana desa sebelum menuju titik kabut terdapat kabut asal paling tebal.

"Kota-kota itu adalah Pekanbaru dan Jambi. Di kedua kota itu jarak pandang jauh di bawa batas normal. Alternatif lainnya adalah menuju Padang dan melalui jalan darat menuju Provinsi Riau," kata Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana dalam keterangan tertulisnya.

Sebelumnya Jokowi sudah berencana menginjungi Jambi setelah merayakan Idul Adha pada Kamis (24/9) lalu. Tetapi saat itu penerbangan tak bisa dilakukan sehingga kunjungan ke Jambi dijadwalkan ulang.

Ini adalah kali keempat Jokowi mengunjungi lokasi terdampak kabut asap. Pertama kali Jokowi mengunjungi Ogan Komering Ilir di Sumatera Selatan dan masuk sampai tengah hutan gambut yang hangus.

Kemudian pada Rabu (23/9) Jokowi mengunjungi Kalimantan Selatan. Di provinsi tersebut Jokowi kecewa pada petugas yang menangani kebakaran hutan karena ikut bubar setelah tak dipantau.

Keesokan harinya Jokowi dan rombongan memantau kebakaran hutan di Kalimantan Tengah. Di provinsi tersebut Jokowi langsung menunjuk Zeni TNI untuk menangani kebakaran hutan.

"Dalam beberapa kesempatan, Presiden menginstruksikan kepada jajaran pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta TNI dan POLRI untuk menindak tegas tidak hanya pembakar hutan, termasuk juga mereka yang memerintah melakukan pembakaran hutan. Lebih jauh lagi, Presiden juga menginstruksikan mencabut izin perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam kebakaran hutan dan lahan," tutur Ari Dwipayana.

Ada pun rombongan yang menyertai Jokowi kali ini adalah Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Desa PDT dan Transmigrasi Marwan Jafar dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki. Rencananya Jokowi dan rombongan akan berada di sana selama beberapa hari ke depan.
(dtk)

Berita Lainnya

Index