Kalah Dari Telaga Nirwana NTT, Sungai Kopu Desa Tanjung Juara 2 se-Indonesia Kategori Wisata Air

Dibaca: 3107 kali  Rabu,01 Desember 2021
Kalah Dari Telaga Nirwana NTT, Sungai Kopu Desa Tanjung Juara 2 se-Indonesia Kategori Wisata Air
Ket Foto : Kepala Desa Tanjung, Sutomi (Kanan) dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar, Zulia Dharma (masker putih) mengangkat trofi juara 2 untuk Arung Sungai Kopu di ajang APIaward 2021 kategori wisata air.

BANGKINANG - Objek wisata Arung Sungai Kopu Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar, Riau raih juara 2 dengan perolehan suara 14, 45 persen di ajang APIaward kategori wisata air yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. 

Sementara juara 1 diraih oleh Telaga Nirwana, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan meraih suara 15, 48 persen. Juara 3 diraih Arung Jeram Tanjung Menanti, Kabupaten Sorolangun, Provinsi Jambi dengan mendapatkan perolehan suara 6, 13 persen. 

Trofi juara wisata air se-Indonesia ini  diserahkan pada malam puncak Anugerah Pesona Indonesia tahun 2021 yang digelar di Stable Berkuda Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, Selasa, (30/11/21). 

Trofi penghargaan diserahkan oleh Staf Ahli Kementerian Lingkungan Hidup RI yang diterima oleh Bupati Kampar yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Zulia Dharma. 

Tampak ikut Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Hukum Setdakab Kampar Syamsul Bahri, Kepala Desa Tanjung Sutomi mendampingi dalam penerimaan trophy ke  
Stable Berkuda Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan ini.  

Pada acara ini Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno ikut secara virtual. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar, Zulia Dharma mengaku bersyukur dan bangga Arung Sungai Kopu  bisa meraih 2 di APIaward 2021 kategori wisata air tersebut. 

"Alhamdulillah, bersyukur kita malam ini Kampar kembali menggema di APIaward 2021 di Sumatera Selatan. Tentu ini berkat kerja keras kita bersama, baik itu kelompok sadar wisata, ninik mamak, tokoh masyarakat, semua stakeholder yang turut serta mengangkat objek wisata Arung Sungai Kopu ini," ujarnya. 

Zulia Dharma juga mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Kampar saat ini sangat komitmen memajukan wisata serta mempromosikan secara nasioanal. 

"Dan Bupati Kampar selalu menekankan agar terus gali potensi wisata kita, kembangkan dan persembahkan kepada masyarakat, khususnya masyarakat tempatan sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar objek wisata itu sendiri," tambah Zulia. 

Sementara itu Kepala Desa Tanjung, Sutomi kepada wartawan melalui telepon selulernya menyampaikan hal yang sama, dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan partisipasi terhadap sungai kopu sehingga bisa meraih juara 2 di APIaward 2021. 

Sutomi berharap dengan perolehan yang cukup membanggakan dan mengharumkan nama daerah di kanca nasional, khususnya nama Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar ini dapat menambah daya tarik pariwisatawan berkunjung ke sungai kopu.(Syaw) 

 

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »