Pengkab SOIna Kampar Gelar Rapat Perdana Bahas Program

Pengkab SOIna Kampar Gelar Rapat Perdana Bahas Program
Suasana rapat pengurus Pengkab SOIna Kampar.

BANGKINANG - Pengurus Kabupaten (Pengkab) Special Olympics Indonesia (SOIna) Kabupaten Kampar masa bakti tahun 2021-2025 resmi terbentuk.

Di Kampar, pengkab SOIna belum pernah berdiri, baru pada tahun 2021 ini pengkab SOIna Kampar resmi dibentuk dan sebagai ketua terpilih Yusneli, Mpd.

Untuk mempersiapkan pelantikan dan merancang program tahun 2022, maka SOIna Kampar menggelar rapat perdana yang diselenggarakan di jalan Letnan Boyak Aula SLB Negeri Bangkinang Kota, Jum'at (05/11/2021).

Ketua Pengkab SOIna Kampar Yusneli menyebut, SOIna merupakan lembaga penyelenggara seperti Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan National Paralympic Committee of Indonesia (NPC).

Namun bedanya, SOIna fokus sebagai lembaga penyelenggara dan pembina kegiatan olahraga khusus bagi para penyandang disabilitas intelektual di Indonesia.

"SOiNa satu level dengan KONI dan NPC, bedanya kita mewadahi khusus penyandang disabilitas intelektual atau tuna grahita saja," jelasnya.

Yusneli menerangkan, SOIna adalah satu-satunya organisasi di Indonesia yang mendapat akreditasi dari Special Olympics International (SOI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga bagi warga Tunagrahita di Indonesia.

Ada 12 cabang olahraga yang dibina SOIna yaitu Atletik, Bulutangkis, Tenis Meja, Sepak Bola, Bola Basket, Renang, Futsal, Bola Tangan, Senam Ritmik, Bowling, Bola Voli dan Bocce. 

Kemudian, SOIna juga mengadakan kompetisi olahraga yang bertingkat mulai dari tingkat Kabupaten/Kota (PORCAB), Provinsi (PORDA), Wilayah (PORWIL), dan Tingkat Nasional (PORNAS).

Rapat perdana yang dihadiri seluruh pengurus Pengkab SOIna ini juga menjadi ajang silaturahmi untuk memperkenalkan satu-persatu pengurus.

Hal ini dilakukan untuk memperkuat dan membangun kekompakan antar pengurus Pengkab SOIna Kampar.

Dalam mempersiapkan program SOIna Kampar kedepannya, setiap pengurus diminta untuk membuat program di bidang masing-masing.

Kegiatan yang dihadiri seluruh pengurus SOIna ini tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19 yang dianjurkan pemerintah.

Berita Lainnya

Index