Ada Dugaan Panitia Pilkades Tanjung Tak Netral, Ini Kata Ketua Panitia

Ada Dugaan Panitia Pilkades Tanjung Tak Netral, Ini Kata Ketua Panitia
Ilustrasi.

BANGKINANG - Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar, panitia telah mempersiapkan segala kesiapan menjelang pemilihan 17 November 2021 mendatang. 

Panitia pilkades yang sudah dibentuk dan dilantik agar tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan keterbukaan serta tetap mengedepankan independensi atau netralitas. 

Yoserizal sudah ditetapkan sebagai ketua panitia Pilkades Tanjung, Sekretaris Zaidi Aliran, Bendara Muhammad Sholehan, Anggota Rusli Munir dan Hadisi. 

Terhadap panitia, warga dan relawan pendukung Cakades lainnya menduga ada salah satu oknum panitia Pilkades Tanjung yang tidak netral. Mereka berharap panitia menjaga netralitas agar terpilih nantinya pemimpin desa yang bersih dan damai. 

Pilkades Tanjung terpampang dengan motto oleh panitia 'Ciptakan Pilkades Tanjung yang tertib, jujur, adil, transparan, aman dan kondusif. Untuk itu, warga meminta panitia harus menerapkan terlebih dahulu himbauannya tersebut. 

"Kita sangat menyayangkan ada dugaan salah satu oknum panitia Pilkades Tanjung yang berpihak kepada salah satu Cakades . Di media sosial pun dia dengan begitu berani ikut berkomentar, seperti berpihak. Ini tentu sangat tidak kita inginkan. Panitia itu harus netral dan mentaati motto yang dibuatnya," ujar pria yang tidak mau namanya dituliskan. 

Selain itu, dia juga mempertanyakan terkait adanya salah satu tim Cakades yang juga mengaku sebagai tokoh masyarakat menyampaikan orasi kampanye saat pengantaran formulir pendaftaran jagonnya ke sekretariat panitia Pilkades Tanjung. 

"Dan kita juga sangat menyayangkan adanya orasi kampanye salah satu tim Cakades saat mengantarkan formulir pendaftaran calon kades yang didukungnya di sekretariat panitia. Di acaranya juga dengar ada pertanyaan-pertanyaan terhadap yang menyampaikan orasi. Na, yang saya pertanyakan, apakah diperbolehkan orasi kampanye seperti itu saat pengantaran formulir di Pilkades Tanjung ini," ujarnya. 

Ketua panitia Pilkades Tanjung, Yoserizal saat dihubungi wartawan melalui telepon selulernya, Ahad (24/10/2021) terlebih dahulu akan mendiskusikan kepada jajaran terkait hal ini. 

"Jika ada seperti itu memberatkan kepada salah satu calon, tentu kita akan diskusikan terlebih dahulu, karena inikan nuansanya politis. Posisi panitia itu netral, tidak boleh berpihak," tegasnya. 

Sementara itu terkait dengan adanya orasi kampanye salah tim Cakades di sekretariat panitia Pilkades Tanjung, Yoserizal menyebutkan bahwa itu merupakan bukan atas kesediaan pihaknya, melainkan diluar acara saat pengembalian formulir pendaftaran. 

"Sebelumnya terkait adanya orasi salah satu tim Cakades, itu sudah kami klarifikasi. Kebetulan saya saat itu tidak hadir, akan tetapi dari pemaparan kawan-kawan panitia yang menyambut, menyampaikan bahwa acara pengantaran formulir sudah ditutup saat mereka melakukan orasi kampanye. Jadi itu diluar acara pengantaran formulir, tidak ada pengaruhnya," ungkapnya. 

Yoserizal menambahkan dengan mengakui bahwa tidak ada dalam aturan Pilkades, penyampaian orasi kampanye ataupun penyampaian visi misi dalam pengantaran formulir Cakades.(Syaw) 

 

 

 

Berita Lainnya

Index