Panen Sayuran P2L, Bupati Catur Berharap dengan Bertani Dapat Berikan Kesejahteraan Keluarga

Panen Sayuran P2L, Bupati Catur Berharap dengan Bertani Dapat Berikan Kesejahteraan Keluarga
Lakukan Panen Sayuran P2L, Bupati Catur dengan Bertani Dapat Berikan Kesejahteraan Keluarga

BANGKINANG - Kelompok Wanita Tani (KWT) Sumber Rejeki di Desa Sei Lambu Makmur telah sukses pada program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) terbukti dengan telah dapat memberikan manfaat bagi Petani dan keluarga, bahkan telah dijual ke masyarakat. tentunya jika ini dikelola dengan baik tak mustahil petani akan menjadi maju dan Sejahtera. 

Apalagi saat ini sedang dilanda Pendemi Covid-19 semua aspek terkena dampaknya, namun tidak begitu dengan pertanian dimana tetap dapat berproduksi, namun terkendala pada pemasaran, hal ini tentu dapat dicarikan solusinya oleh kelompok tani ataupun berkoordinasi dengan instansi terkait, namun sampai saat ini kebutuhan akan sayuran tetap tinggi. 

Demikian dikatakan Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH, MH usai melakukan panen sayuran di Kebun KWT desa Sei Lambu Makmur Kecamatan Tapung, Senin (02/08/2021). Pada panen tersebut Bupati Kampar didampingi oleh Anggota DPRD Kampar Sri Rahayu, Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Ir. Cokroaminoto, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Kampar Yuricho Efril S.STP, Camat Tapung Amri Yudo, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kampar Marahalim, S. PT dan para Kepala Bidang, Kepala Desa Sei Lambu Makmur Kawit Hudi Antoro dan kelompok Tani Wanita Desa Sei Lambu Makmur. 

Dikatakan Catur bahwa Program ini dapat memberikan ketersedian terhadap pemenuhan kebutuhan konsumsi keluarga akan sayur, sehingga tidak lagi membeli 

Oleh sebeb itu harapannya setiap keluarga mau memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam sayuran yang sehari-hari konsumsi seperti, sayuran sawi, kangkung, cabe, kacang panjang ataupun sayuran lainnya. 

Ia menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Kampar sangat mendukung perkembangan pertanian di Kabupaten Kampar dengan memanfaatkan rumah bibit yang dapat di sebar ke kelompok lain.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar Ir. Cokroaminoto menyampaikan bahwa program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) ini merupakan suatu konsep display dari program ocu mapan yang saat ini telah dimanfaatkan dan dinikmati langsung oleh masyarakat, baik untuk di konsumsi langsung oleh keluarga dan juga sudah di perjual belikan dari hasil panen sayuran tersebut, baik itu sayuran sawi, kangkung, bayam, terong maupun kacang panjang, Alhamdulillah hasil panen melimpah dan banyak dinikmati dan disukai oleh para konsumen," kata Cokro. 

"Kita telah melakukan pembinaan di desa-desa, harapan tentunya ini akan memberikan manfaat bagi kelaurga minimal untuk pemenuhan kebutuhan," ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Sei Lambu Makmur Kawit Hudi Antoro menyampaikan ucapan dan apresiasi kepada Bupati Kampar dan Dinas Ketahanan Pangan Kampar yang telah melakukan pembinaan di kelompok tani di Desa Sei Lambu Makmur, tentunya ini menjadi penyemangat bagi kami untuk lebih baik lagi.(Syaw)

Berita Lainnya

Index