Iliyas Husti : mundur bertiga, yang mau masuk ada ratusan orang

Dibaca: 1497 kali  Sabtu,02 Januari 2021
Iliyas Husti : mundur bertiga, yang mau masuk ada ratusan orang
Ket Foto : Ketua MUI Riau, Prof Iliyas Husti

Pekanbaru- Bahwa pihak yang menyatakan mundur dari calon kepengurusan MUI Riau itu bukanlah ulama, mereka adalah bagian dari orang yang belum siap berdemokrasi. 

Demikian dikatakan, Ketua terpilih MUI Riau Prof Iliyas Husti menanggapi polemik mundurnya sejumlah calon pengurus, sabtu (02/01/2021) sore. 

Menurut Prof Iliyas hanya ada tiga orang oknum yang menyatakan mundur karena 
tidak lulus calonnya, namun dirinya tidak mempermasalahkan hal itu. 

"Hanya tiga orang mundur, sedangkan yang minta bergabung masuk kepengurusan MUI Riau ada ratusan ada ratusan orang" tuturnya. 

Prof Iliyas kembali menegaskan bahwa yang mundur itu bukan ulama, karena belum siap berdemokrasi, padahal  Islam sangat menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.

"Mareka hanya ngaku-ngaku ulama saja. Bagi saya biarkan saja, nanti mareka akan mengerti juga,jadi bukan sejumlah ulama, tapi hanya tiga orang saja, saya tidak  tahu juga, apakah mareka bertiga itu layak disebut ulama atau tidak? " tanya prof Iliyas. 

Sebagaimana diketahui sebelumnya sejumlah orang menyatakan mundur dari susunan kepengurusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau di bawah kepemimpinan Prof Ilyas Husti. Alasan para pihak ini mundur karena proses pemilihan Ilyas Husti sebagai ketua dilakukan dengan cara yang tidak sesuai karakter ulama.

"Setidaknya ada tujuh orang yang menyatakan mundur dari kepengurusan MUI Riau saat ini," ujar Asyari Nur yang dalam kepengurusan MUI Riau pimpinan Ilyas Husti menjabat sebagai Wakil Ketua Umum.

Diceritakan Asyari, pada proses pemilihan Ketua MUI Riau yang berlangsung pasa pekan lalu itu, terjadi intimidasi dan tekanan terhadap ulama.

"Ada unsur pemaksaan terhadap para ulama agar memilih calon tertentu yang mana calon itu sebenarnya ada masalah," jelas mantan Kepala Kanwil Kementerian Agama Riau ini.

Hal senada juga disampaikan oleh mantan Sekretaris MUI Riau, Zulhusni Domo. "Banyak yang mundur, dan yang mundur itu adalah tokoh-tokoh utama," kata Zulhusni.

Berdasarkan informasi sebagaimana dikutip dari salah satu media online, sejumlah calon pengurus yang menyatakan mundur itu antara lain Ketua Penasehat PW Persatuan Islam (Persis) Riau, Yana Mulyana, dari jabatan Ketua MUI Riau. Kemudian, Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Riau, Mizan Asnawi.

(Ujeng/ckc) 

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »