Siak raih penghargaan perpustakaan kabupaten terbaik 2020

Siak raih penghargaan perpustakaan kabupaten terbaik 2020
foto antara

RIAUTERBIT.COM - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak menerima penghargaan nasional sebagai Kabupaten Terbaik dalam Implementasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial pada tahun 2020.

Penghargaan tersebut diserahkan pada Acara Peer Learning Meeting (PLM) Nasional di Medan, Kamis (3/12), dan diserahkan oleh Perwakilan Perpustakaan Nasional, Suriadi kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Siak M Arifin yang diwakili oleh Kasi Pengembangan tenaga Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Anita.

"Penghargaan ini sudah kali kedua diraih, yang sebelumnya diperoleh pada 2019. Pertama bagi pustaka kampung Mandi Angin,” kata Anita, Jumat. Ia mengatakan perpustakaan Kampung Mandi Angin ini termasuk dari 28 perpustakaan desa/kelurahan terbaik di Indonesia. Pada kesempatan yang sama

juga diserahkan hadiah uang tunai untuk staf Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Siak, Nurhasanah yang mengikuti lomba foto bertajuk Dampak Perspustakaan, yang ditaja oleh Perpustakaan Nasional melalui Instagram. Anita menambahkan, transformasi perpustakaan itu maksudnya bahwa selain menyediakan bahan bacaan, pihaknya juga memfasilitasi kegiatan pelatihan dan keterampilan lain. Ini bertujuan untuk pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat.

Seperti Nurhasanah salah seorang staf dinas dengan memanfaatkan layanan WiFi gratis dan buku di Pusda Siak dalam memperoleh informasi terkait ilmu merajut. Kini ia mampu menjual ratusan masker dan Connector rajut.

"Yang jelas, Dinas Perpustakaan dan Arsip Siak berkomitmen menjalankan dan mengembangkan program perpustakaan berbasis inklusi sosial ini. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 saat ini, sangat penting membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidupnya melalui gerakan literasi," tukasnya.(antr)

Berita Lainnya

Index