Bersatunya 2 Pohon yang Berjauhan untuk Lindungi Rasulullah

Dibaca: 1246 kali  Sabtu,21 November 2020
Bersatunya 2 Pohon yang Berjauhan untuk Lindungi Rasulullah
Ket Foto :

RIAUTERBIT.COM - Allah SWT memberikan mukjizat kepada para nabi dan rasul, sebagai salah satu identitas dan bukti kerasulannya. Nabi Muhammad SAW juga dikaruniai mukjizat atau kemampuan luar biasa dalam kehidupannya. Begitu banyak mukjizat atau keajaiban yang dimiliki Nabi Muhammad SAW.

 

Seperti dinukilkan dari buku berjudul "Mukjizat-mukjizat Nabi Muhammad: Bukti-bukti Keagungan Rasul Akhir Zaman" oleh Abdul Aziz bin Muhammad as-Salam, terdapat salah satu mukjizat yang menjadi tanda kebesaran Nabi Muhammad, yakni pohon yang tunduk kepada perintahnya.

 

Dikutip dari kitab Shahih Muslim, kisah tentang pohon ini diceritakan Jabir. 

 

Suatu hari, Jabir dan para sahabat lain berjalan bersama Rasulullah SAW, hingga berhenti di sebuah lembah yang luas. Rasulullah SAW kemudian pergi untuk membuang hajat. 

 

Jabir lantas mengikuti beliau dengan membawa kantong kulit berisi air. Saat itu, Nabi SAW melihat ke sekeliling dan tidak menemukan sesuatu yang bisa dijadikan sebagai tabir (penghalang). 

 

Di pinggir lembah, terdapat dua pohon. Rasulullah kemudian menghampiri salah satu pohon dan meraih satu dahan sambil berkata, "Menunduklah kepadaku dengan izin Allah!" Pohon itu pun menunduk di hadapan Rasulullah seperti unta yang penurut.

 

Kemudian, Rasulullah menghampiri pohon yang lain, lalu meraih sebuah dahan sambil mengatakan, "Menunduklah kepadaku atas izin Allah!" Pohon itu pun menunduk di hadapan beliau, dan muncullah celah di antara kedua pohon itu.

 

"Saling mendekatlah kalian kepadaku atas izin Allah!" kata Nabi. Kedua pohon itu pun saling mendekat dan melekat. 

 

Kemudian, Jabir pun menjauh dari tempat itu karena khawatir jika Rasul mengetahui ia di dekatnya. Jabir menjauh darinya sambil berbicara kepada diri sendiri, hingga ia mendengar suara mendekat.

 

Ternyata, itu suara Rasulullah yang sedang mendekat ke arahnya. Ia melihat kedua pohon itu telah berpisah dan masing-masing telah berdiri tegak kembali.(rep)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »