Komisi I DPRD Riau Minta Diskominfo Berperan Aktif Salurkan Informasi ke Masyarakat

Dibaca: 1335 kali  Jumat,20 November 2020
Komisi I DPRD Riau Minta Diskominfo Berperan Aktif Salurkan Informasi ke Masyarakat
Ket Foto : Komisi I DPRD Riau Minta Diskominfo Berperan Aktif Salurkan Informasi ke Masyarakat.

RIAUTERBIT.COM, PEKANBARU - PENYALURAN informasi kepada masyarakat dinilai sangat penting pada era digital saat ini. Terlebih pada masa Pandemi Covid-19.
 

Dimana, ada banyak kabar/informasi hoaks yang marak beredar di masyarakat. Maka dari itu, Dinas Komunikasi, Informasi & Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau di tuntut bisa menjadi leading sector dalam setiap informasi yang di konsumsi oleh masyarakat luas.

Hal itu ditekankan Ketua Komisi I DPRD Riau Ade Agus Hartanto usai rapat kerja bersama Diskominfotik Provinsi Riau, akhir pekan lalu.


Rapat tersebut turut diikuti anggota komisi I lainnya. Seperti Zulfi Mursal, Markarius Anwar, Suprianto S, Agus Triansyah dan Septina Primawati.
 

Sedangkan dari pihak Diskominfo dihadiri langsung Kadis Kominfo, Kasub KEU, Kasi Kominfo dan Kasi Bidang Statistik beserta jajarannya. Ade menyebut, ada beberapa pembahasan pada saat rapat. Seperti sasaran yang menjadi visi dan misi Diskominfotik sebagai lembaga pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis teknologi informasi.
 

"Kami minta tugas dan fungsi Diskominfotik dalam menyebar luaskan informasi harus berjalan sesuai relnya. Termasuk juga memberikan pencerahan, memberikan informasi yang benar dari ribuan bahkan jutaan informasi yang berseliweran di dunia digital dalam setiap harinya. Tentunya hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi Diskominfo," tutur Ade.


Selain itu, pihaknya juga meminta agar Diskominfo tidak hanya menjadi instansi penyebar informasi. Akan tetapi, dengan tupoksinya sebagai media, atau penyalur komunikasi bisa bermanfaat dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 saat ini. 


Salah satunya dengan meningkatkan tugas fungsi satgas Covid-19, meningkatkan pertemuan secara virtual antara pemerintah daerah kabupaten/kota maupun provinsi. Termasuk juga pemberdayaan Riau Command Center (RCC) sebagai pusat informasi Pemerintah Riau, pusat layanan virtual Provinsi Riau, dan pengolahan data.


"Karena disana banyak ya.Ada komunikasi, informasi dan teknologi. Nah, keberadaan dinas ini tentu harus bisa mencakup semuanya. Makanya dalam pembahasan rapat kemaren, kami minta ini semua di paparkan. 


Sejauh mana Diskominfo bisa berperan atau menunjang visi misi Pemprov Riau kedepan. Karena kita tau, di era digital saat ini informasi berkembang dengan sangat pesat. Maka pemerintah tidak boleh kalah dengan penyebar informasi hoaks dan lain sebagainya," tambahnya.(adv)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »