Pengusulan Yulisman Ketua DPRD Diumumkan di Paripurna

DPRD Riau Gelar Rapat Paripurna Pengusulan Calon Pengganti Pimpinan DPRD Riau

Dibaca: 1473 kali  Selasa,17 November 2020
DPRD Riau Gelar Rapat Paripurna Pengusulan Calon Pengganti Pimpinan DPRD Riau
Ket Foto :

RIAUTERBIT.COM, PEKANBARU - DPRD Provinsi Riau menggelar rapat Paripurna terkait usulan calon pengganti Pimpinan DPRD Riau dari Fraksi Partai Golkar, Senin (16/11/2020). Rapat dipimpin oleh Hardianto selaku Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, didampingi Sekretaris Dewan (Sekwan) Muflihun serta dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution beserta Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Riau.\

Selain pimpinan, hadir juga anggota DPRD Provinsi Riau lainnya. Seperti Nurzafri perwakilan Fraksi Gerindra, Ketua Fraksi PKS Markarius Anwar, Ketua Fraksi PAN Zulfi Mursal, Ketua Fraksi PKB Ade Agus Hartanto dan Kerua Fraksi Golkar Yulisman yang baru saja mendapat kepercayaan dari Partai Golkar untuk memimpin DPRD Riau. Sedangkan untuk anggota menghadiri rapat paripurna secara dalam jaringan (daring) atau virtual.


Rapat paripurna ini digelar untuk menindaklanjuti pergantian unsur Pimpinan DPRD Riau dari Fraksi Golkar yang menjabat posisi sebagai Ketua DPRD Riau. Sesuai dengan Surat Keputusan (SK) DPP Partai Golkar yang sudah diterima oleh Sekretariat DPRD Riau dari DPD I Golkar tentang penunjukan Yulisman sebagai Ketua DPRD Riau menggantikan Indra Gunawan Eet yang maju di Pilkada.


"Mencabut Surat Keputusan (SK) Partai Golkar nomor R-1035/Golkar/IX/2019 tentang penetapan unsur pimpinan DPRD Riau dari Fraksi Golkar yang menetapkan saudara Indra Gunawan Eet sebagai Ketua DPRD Riau dan dinyatakan tidak berlaku lagi," ujar Hardianto.


Setelah diparipurnakan, selanjutnya proses administrasi dilanjutkan ke Kemendagri untuk mendapat SK Mendagri dan melakukan proses pelantikan setelah terbitnya SK Mendagri.


Diberitakan sebelumnya, Surat usulan pengisi jabatan Ketua DPRD Riau dari Partai Golkar telah diterima  Sekretariat DPRD. Adapun nama yang diusulkan sesuai dengan rekomendasi dari DPP Golkar. Yakni Yulisman yang saat ini menjabat ketua fraksi Golkar. Hal itu diungkapkan langsung Sekretaris DPRD Riau Muflihun kepada wartawan, Kamis (12/11/2020) lalu.


"Sudah, sudah kami terima. Adapun nama yang masuk adalah Bapak Yulisman," ujar lelaki yang karib disapa Uun itu.
 

Selanjutnya, Sekretariat DPRD Riau dikatakan Uun akan memasukan usulan tersebut ke pembahasan di Badan musyawarah (Banmus) DPRD Riau untuk menetukan jadwal rapat paripurna pengumuman usulan nama dari Golkar tersebut.
 

"Selanjutnya kami akan teruskan usulan dari Partai Golkar ke Kementerian dalam negeri (Kemendagri) melalui Pemerintah Provinsi Riau. Setelah keluar keputusan dari Kemendagri, baru kita atur jadwal pelantikan," terangnya.


Diketahui sebelumnya, kursi Pimpinan DPRD Riau yang sempat kosong agaknya segera terisi. Itu setelah tiga partai, yakni Demokrat, Golkar dan PDI Perjuangan mengeluarkan rekomendasi nama pengisi jabatan pimpinan yang kosong. Ketiga nama tersebut adalah Agung Nugroho dari Partai Demokrat menggantikan Asri Auzar, kedua Yulisman dari partai Golkar menggantikan Indra Gunawan Eet yang semula menjabat Ketua DPRS Riau dan Syafaruddin Poti dari PDI P menggantikan Zukri Misran yang maju pada Pilkada Pelalawan.(adv)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »