Peringati Hari Kesehatan Nasional ke-56, Kadiskes Kampar: Satukan Tekad Menuju Kampar yang Lebih Seh

Peringati Hari Kesehatan Nasional ke-56, Kadiskes Kampar: Satukan Tekad Menuju Kampar yang Lebih Seh

BANGKINANG - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Kampar mengikuti upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 Tahun 2020 secara virtual dengan Menteri Kesehatan (Menkes) dr. Terawan di Aula Diskes Kampar, Bangkinang Kota, Kamis (12/11/2020) pagi.

HKN yang diperingati setiap tanggal 12 November kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Sebab, wabah pandemi covid-19 masih melanda dunia, terutama di Indonesia. Namun, peringatan HKN ditengah pandemi ini tidak mengurangi kesakralan dan maknanya. 

HKN ke-56 Tahun 2020 mengusung tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”, dengan sub tema “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19”

Tema yang dipilih merupakan seruan kepada seluruh tenaga kesehatan dan masyarakat untuk terus berjuang keras menyelamatkan bangsa di masa pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (kadiskes) Kampar Dedy Sambudi SKM M.Kes berharap pada HKN ke-56 ini, pihaknya ingin seluruh elemen bersatu padu menggalakkan hidup sehat di kalangan masyarakat.

“Sesuai tema HKN tahun ini, kami mengharapkan semua komponen bersatu padu menuju kampar yang lebih sehat. Terutama dimasa pandemi covid 19 serta juga menyerukan masyarakat agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan” harapnya.

Selain itu, HKN ke-56 ini juga mengampanyekan gerakan ayo tepuk tangan selama 56 detik pada pukul 12.00 WIB. Kampanye ini ditujukan untuk memberikan penghargaan bagi para tenaga kesehatan yang telah berjuang selama beberapa bulan terakhir untuk memerangi covid-19, serta masyarakat yang sudah menjalani protokol kesehatan dengan baik.

“Gerakan ini sebagai bentuk apresiasi kepada para tenaga kesehatan dan masyarakat yang melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid-19, mari sejenak kita bersama melakukan tepuk tangan pada 12 November 2020 pukul 12.00 WIB selama 56 detik,” serunya.

Pada HKN ke-56 ini, Diskes Kampar akan melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya, penyerahan santunan bagi tenaga kesehatan yang wafat dalam penanganan covid-19, Deklarasi Open Defekasi Free (ODF) bebas buang air besar sembarangan, peluncuran mobil unit gigi keliling dan lomba kesiapsiagaan ambulans.(Sy)

Berita Lainnya

Index