KPU Meranti akan Gelar Debat Publik Paslon Pilkada 5 November

Dibaca: 1274 kali  Rabu,28 Oktober 2020
KPU Meranti akan Gelar Debat Publik Paslon Pilkada 5 November
Ket Foto :

RIAUTERBIT.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Meranti telah mengagendakan debat publik pasangan calon (Paslon) yang akan mengikuti Pilkada serentak.

 

Debat publik direncanakan digelar tanggal 5 November 2020 di Grand Meranti Hotel Jalan Kartini Selatpanjang. 

 

Info ini disampaikan Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid, ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (27/10/2020).

 

Katanya, agenda debat publik sudah mulai disusun. Debat di masa pandemi, KPU membatasi orang-orang yang berada di ruangan nantinya. Jumlah keseluruhan hanya 50 orang. 

 

"Dalam debat publik nanti, total orang yang berada di dalam ruangan maksimal 50 orang," ujar Abu Hamid.

 

Disampaikan Abu Hamid lagi, sesuai dengan PKPU 11 tahun 2020, ada 4 orang panelis nantinya. Selain mewakili akademisi, juga profesional.

 

"Sejauh ini, panelis sudah kita tetapkan. Semuanya dari Pekanbaru," tambahnya.

 

Abu Hamid juga menjelaskan bahwa sesuai dengan PKPU, isu yang akan dibahas dalam debat publik diantaranya bagaimana paslon dalam penanganan Covid-19, narkoba, kesejahteraan masyarakat dan lainnya. "Ada 7 isu yang akan diangkat nantinya," ucapnya.

 

Di tempat yang sama, Komisioner Bawaslu Romi Indra mengingatkan agar KPU memilih moderator dan panelis yang punya integritas tinggi, jujur, simpatik dan tidak memihak pada salah satu paslon. Selain itu dapat secara konsisten untuk menerapkan protokol kesehatan dalam debat nantinya.

 

"Kita minta agar KPU bisa mempersiapkan debat publik sesuai dengan aturan yang berlaku. Pastikan betul, agar pelaksanaannya bisa berjalan dengan baik dan lancar. Terutama dalam memilih panelis, moderator dan penerapan protokol kesehatan nantinya," ingat Romi.(ckc)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »