Anak Balitanya Sakit Terserang Asap, Zainul Ungsikan Keluarga ke Medan

Anak Balitanya Sakit Terserang Asap, Zainul Ungsikan Keluarga ke Medan
Anak Balitanya Sakit Terserang Asap, Zainul Ungsikan Keluarga ke Medan

Pekanbaru, (Riauterbit.com) - Lebih sepekan, Zafirah Tanjung (1) warga Pekanbaru ini mesti dirawat di rumah sakit imbas asap. Kini balita dan ibunya terpaksa diungsikan ke Medan.

Inilah sepenggal kisah bocah yang terserang asap pekat. Zafirah Tanjung sempat dua kali masuk rumah sakit dua pekan lalu. Awalnya Zafirah sempat di rawat lima hari karena demam serta iritasi kulit.

Diagnosa dokter, menyebutkan ada virus di dalam tubuhnya sehingga terjadi demam tinggi. Pun begitu dokter menyimpulkan kondisi tubuh bocah itu lemah tak terlepas dari kabut asap.

Setelah dirawat lima hari, akhirnya Zafirah Tanjung bisa dibawa pulang. Namun sepekan kemudian, anak pertama pasangan Zainul Tanjung (33) dan Rika Harahap (27) harus kembali menjalani perawatan di rumah sakit.

Zainul dan istri pun sempat panik. Karena mendadak putrinya demam tinggi seperti kondisi pertama kali. Lagi-lagi Zarifah harus menjadi perawatan lagi di rumah sakit.

Hasill diagnosa untuk kedua kalinya, tetap saja seperti hasil semula. Bocah itu dianggap tubuhnya lemah terserang asap. Begitu boleh di bawa pulang ke rumah, akhirnya bocah harus diungsikan ke Medan untuk sementara waktu.

"Baru sepekan ini  lalu anak saya keluar dari rumah sakit. Saya trauma dengan asap, akhirnya begitu keluar dari rumah sakit,  langsung anak istri saya  ungsikan  ke Medan. Alhamdulillah, waktu itu masih ada pesawat yang bisa berangkat ke Medan, " kata Zainul, Selasa (8/9/2015).

Seminggu berada di Medan, kondisi Zafirah saat ini sudah membaik. Sekalipun kota Medan juga tak luput dari asap kiriman, namun situasinya tidak separah di Pekanbaru.

"Alhamdulillah, anak saya di Medan sana sudah tidak demam lagi, dan kondisinya jauh lebih baik dari sebelumnya," tutur Zainul.

Pun begitu, setelah mengantarkan anak istrinya, Zainul belum berniat untuk menjemputnya. Dia merasa masih trauma karena kabut asap.

"Biar dululah di Medan sampai asap benar-benar hilang di Riau ini. Nanti kalau kondisi udara sudah pulih, barulah saya jemput lagi," tutup Zainul.
(cha/try/dtk)

Berita Lainnya

Index