Bersama Gubri,

Serai Serumpun Tetapkan Hari Getam Sarang Tabuan se-Riau

Serai Serumpun Tetapkan Hari Getam Sarang Tabuan se-Riau

RIAUTERBIT.COM - Serai Serumpun adalah sekelompok pemuda melayu Riau yang cinta terhadap budaya melayu dan warisan budaya melayu, mereka berasal dari seluruh daerah yang ada di Provinsi Riau.

Bertepatan dengan acara penyerahan Getam Sarang Tabuan pertama kepada pemerintah Provinsi Riau yang diterima langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, disepakati bersama Hari Getam Sarang Tabuan se-Riau.

"Hari ini kita serahkan getam sarang tabuan sekaligus bersama Datuk Seri Setia Amanah, Syamsuar juga kita tetapkan hari getam sarang tabuan se-Riau," kata pembuat getam sarang tabuan pertama se Riau, Muhammad Ridwan, Selasa (06/10/2020).

Ia menerangkan, Getam Srang Tabuan yang dibuat ialah dengan cara belajar, berguru dan bersanad. Getam sarang tabuan juga pernah dipakai oleh Sultan Syarif Kasim pada tahun 1940 lalu.

"Kita membuatnya tidak asal buat saja, kita membuat dengan cara berguru dan bersanad jelas dari yang terdahulu, sanadnya pun sudah ditulis dalam satu buku, kami berguru dan belajar dari situ termasuk Getam Sarang Tabuan," kata Ridwan.

Saat acara penyerahan Getam sarang tabuan Gunernur Riau, Syamsuar didampingi Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan, Raja Yoserizal Zein.(mcr)

Berita Lainnya

Index