Menjaga Rahasia Orang Lain

Menjaga Rahasia Orang Lain
ilustrasi internet

RIAUTERBIT.COM - Menjaga rahasia orang lain termasuk dalam kategori amanah. Oleh sebab itu, setiap muslim harus menghormatinya agar terwujud rasa saling percaya di antara anggota masyarakat dan tidak timbul rasa permusuhan, pertikaian, serta hilangnya rasa aman.

Dikutip dari buku Jiwa dalam Bimbingan Rasulullah karya Dr Saad Riyadh disebutkan Rasulullah Saw menasihatkan pentingnya menjaga rahasia orang lain melalui sabdanya, "Jika seseorang menyampaikan suatu ucapan (rahasia) kepadamu kemudian dia berpaling muka (ucapannya) itu merupakan amanat" (HR Abu Dawud).

Anas bin Malik r.a berkata, "Saya masih berumur sembilan tahun pada saat Rasulullah Saw tidak di Madinah. Suatu hari, ibu saya, Ummu Sulaim mengajak saya untuk menemui beliau. Setelah bertemu, dia kemudian berkata, "Wahai Rasulullah Saw, ini anak saya. Jadikanlah dia sebagai pelayan engkau." Sejak saat itu, saya bekerja sebagai pelayan Rasulullah Saw dan berlangsung selama sembilan tahun.

Dalam rentang waktu tersebut, beliau tidak pernah sekalipun mengomentari apa yang saya lakukan dengan berkata, "Kenapa kamu berbuat begini dan begitu." Demikian juga terhadap pekerjaan-pekerjaan yang tidak saya lakukan, beliau juga tidak pernah berkomentar, "Kenapa kamu tidak melakukan pekerjaan ini atau itu!"

Pada suatu hari, ketika saya tengah bermain bersama anak-anak yang lain, Rasulullah Saw datang menghampiri saya. Setelah mengucapkan salam terhadap kami, beliau memanggil saya kemudian menyuruh saya pergi ke suatu tempat untuk urusan tertentu. Sekembalinya saya dari urusan itu beliau berkata, "Jangan beri tahu siapa pun!"

Saya kemudian pergi ke tempat ibu saya. Ketika saya menghampirinya, dia berkata,"Wahai anakku, apa yang membuatmu terlambat datang?" Saya menjawab, "Rasulullah Saw menyuruh saya untuk melakukan sesuatu untuk beliau." Ibu saya bertanya, "Urusan apakah itu?" Saya menjawab, "Sesungguhnya Rasulullah Saw telah berpesan agar saya tidak memberitahukannya keapda siapa pun."

Mendengar ucapan saya tu, ibu saya berkata, "Benar tindakanmu wahai anakku. Peliharalah rahasia Rasulullah Saw." (HR Ahmad)(rep)

Berita Lainnya

Index