Perbanyak Dzikrullah, Hadirkan Manfaat Luar Biasa

Dibaca: 1786 kali  Jumat,02 Oktober 2020
Perbanyak Dzikrullah, Hadirkan Manfaat Luar Biasa
Ket Foto : ilustrasi internet

RIAUTERBIT.COM -- Ustaz kondang Indonesia, Abdullah Gymnastiar, atau biasa dipanggil Aa Gym mengingatkan Muslim Indonesia untuk memperbanyak dzikir. Dzikir atau dzikrullah diketahui akan mendatangkan manfaat yang luar biasa.

"Dzikir adalah amalan yang paling utama. Dalam Alquran, dituliskan 'Dan berdzikirlah pada Allah sebanyak-banyaknya supaya kamu beruntung'," ujar Aa Gym dalam webinar dengan tema 'Keajaiban Dzikrullah Terhadap Imunitas Tubuh', yang digelar Kajian MQ Pagi, Rabu (30/9).

Tak hanya itu, Aa Gym juga menyebut Rasulullah SAW pernah menegaskan keutamaan dzikir di hadapan para sahabat. Rasul menyebut dzikir memiliki amal paling baik dan paling suci menurut Allah SWT.

Dalam HR Tirmidzi, Abu Darda’ ra berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Maukah aku beri tahu kepada kalian amal yang paling baik dan paling suci menurut Rabb kalian, dan yang paling tinggi derajatnya untuk kalian, juga lebih baik bagi kalian daripada menginfakkan emas dan perak, serta lebih baik bagi kalian daripada bertemu dengan musuh kalian lalu kalian menebas batang leher mereka dan mereka membalasnya?”. Para sahabat berkata, “Tentu mau". Beliau menjawab, “Dzikir mengingat Allah”.

Setiap ibadah yang dilakukan seorang umat Muslim, di dalamnya pasti terselip dzikir. Dzikir ada dalam rukun Islam, rukun Iman, syahadat, shalat, shaum, membayar zakat, hingga haji. Aa Gym menyebut, Muslim yang paling bertakwa adalah orang yang paling banyak berdzikir kepada Allah SWT. Umat Muslim harus meyakini jika setiap perintah yang datang dari Allah SWT pasti membawa kebaikan.

"Berantusiaslah pada apa yang membawa manfaat. Dan di antara kebaikan yang paling bermanfaat, adalah dzikrullah," lanjutnya.

Dalam HR Muslim, diriwayatkan, "Seorang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih Allah cintai daripada seorang mukmin yang lemah, dan masing-masing berada dalam kebaikan". Mukmin yang kuat disini, merupakan mukmin yang paling yakin kepada Allah SWT dan makin ikhlas atas segala hal yang terjadi pada hidupnya di dunia.

Mukmin yang beriman dan ikhlas merasa cukuplah Allah SWT bagi dirinya. Semakin ia ikhlas, dalam menjalani kehidupan pun ia akan semakin bersyukur dan sabar. Mukmin yang baik meyakini semua hal yang terjadi kepada dirinya sesuai dengan izin Allah SWT dan sudah terukur serta ada hikmahnya.

"Dzikrullah adalah kunci terpenting. Allah SWT menjamin, 'ingatlah kepada-Ku, maka Aku akan ingat kepadamu'," kata dia. Hal tersebut tertulis dalam QS Al-Baqarah ayat 152, ""Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku".

Terakhir, Aa Gym menyebut dzikir merupakan bagian inti dari meningkatkan keimanan. Semakin umat Muslim mengingat Allah, semakin istimewa ia di mata Allah SWT. Hati dibuat tenang, ide gagasan melimpah.(rep)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »