Jelang Umumkan Partai Baru, Amien Rais Dirayu Tetap Bersama PAN

Jelang Umumkan Partai Baru, Amien Rais Dirayu Tetap Bersama PAN

RIAUTERBIT.COM - Tokoh reformasi, Amien Rais bakal mengumumkan nama partai barunya pada siang ini, Kamis (1/10). Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Guspardi Gaus berharap, Amien serta loyalisnya kembali ke PAN dan berjuang bersama Ketum Zulkifli Hasan.

"Jadi kalau boleh mengimbau tentu kita, saya, berharap beliau itu kan pendiri partai, tidak ada satupun kader yang tidak menghormati beliau, oleh karena harapan saya mari kita bersama sama Pak Amien beserta seluruh kader yang kebetulan tidak sama dengan Pak Zul ayo melangkah," kata Guspardi, Kamis (1/10).

Dia menuturkan, yang mendirikan dan menggagas PAN adalah Amien Rais. Terlebih, Amien pernah menjabat sebagai ketua umum PAN. "Tentu rasanya kurang pas kalau beliau mendirikan partai baru, karena sosoknya selain pendiri, pernah jadi ketua umum, dan beliau jadi panutan, seluruh kader hormat ini tentu sesuatu yang perlu dicermati di pahami dan dimengerti," tuturnya.

Apalagi, lanjut dia, selama ini orang beranggapan bahwa PAN adalah Amien Rais. Sehingga, ada perspektif lain bila Amien mendirikan partai baru. “Selama ini orang beranggapan Amien adalah PAN, PAN adalah Amien, jadi kalau buat partai baru ada perspektif yang ditanya dan dipertanyakan juga oleh orang-orang," kata Ketua Harian DPW PAN Sumbar itu.

Meski demikian, Guspardi menghormati bila Amien tetap komitmen mendirikan partai. Dia bilang, di era demokrasi setiap warga negara saja berhak membuat dan mendirikan partai.

“Kalau tetap itu ikhtiar yang tidak bisa diubah lagi, ya kita menghormati beliau untuk mendirikan partai baru, jadi bagi kita kader PAN sangat menghormati pak Amien, dan kalau mendirikan partai kita juga tidak bisa menghalangi, melarang," tandas anggota Komisi II DPR itu.(mrdk)

Berita Lainnya

Index