Istiqamah dalam Kebaikan Jadi Inti dalam Islam

Istiqamah dalam Kebaikan Jadi Inti dalam Islam

RIAUTERBIT.COM - Target akhir yang diinginkan Islam dari seorang muslim bukanlah sekadar melakukan kebaikan, tetapi lebih lanjut adalah sikap istiqomah dalam kebaikan tersebut. Hal inilah yang dapat kita tangkap dari berbagai wasiat yang banyak disampaikan Rasulullah Saw.

Dikutip dari buku Jiwa dalam Bimbingan Rasulullah karya Dr Saad Riyadh bahwa diriwayatkan bahwa Sufyan bin Abdullah ats-Tsaqafiy R.a berkata, "Saya pernah bertanya kepada Rasulullah Saw, "Wahai Rasulullah Saw, beri tahulah kepada saya suatu perkataan dan perbuatan yang menjadi ajaran (inti) Islam yang saya tidak akan pernah lagi menanyakan hal yang sama kepada siapa pun sesudah engkau?"

Rasulullah Saw lalu menjawab, "Katakanlah, 'Aku beriman kepada Allah Swt. Kemudian beristiqamahlah (dalam keyakinan tersebut)." (HR Muslim).

Ibnu Maajah meriwayatkan hadist yang hampir senada juga dari Sufyan bin Abdullah ats-Tsaqafiy. Antara lain dia berkata, "Saya bertanya kepada Rasulullah Saw, 'Wahai Rasulullah Saw, beri tahukanlah kepada saya suatu perkara yang akan saya jadikan pegangan (dalam hidup)?"

Rasulullah Saw lalu menjawab, "Katakanlah, 'Tuhanku adalah Allah Swt kemudian beristiqamahlah (dalam keyakinan tersebut)". Saya lalu bertanya lagi, "Wahai Rasulullah Saw, hal apa yang paling engkau khawatirkan terhadap saya?". Beliau kemudian menunjuk ke arah lidahnya seraya berkata "Ini!".(rep)

Berita Lainnya

Index