Rekam Jejak Surya Darmawan, Ketua Baru KONI Kampar di Dunia Olahraga

Dibaca: 1708 kali  Jumat,18 September 2020
Rekam Jejak Surya Darmawan, Ketua Baru KONI Kampar di Dunia Olahraga
Ket Foto : Surya Darmawan

BANGKINANG- Surya Darmawan akhirnya terpilih sebagai Ketua KONI Kabupaten Kampar. Ia unggul telak dari pesaingnya Dika Asril dengan perolehan 18 suara berbanding 8 suara. Sedangkan 2 suara lagi tidak sah dari total hak suara sebanyak 28, Kamis, 17 September 2020.

Surya Darmawan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI Kabupaten Kampar terpilih menyatakan komitmennya dalam memajukan olahraga.

"Insyaallah kita bersama-sama Cabor ini akan solid dalam memajukan olahraga di Kampar," ucap Surya kepada para wartawan pekan lalu, di kantor KONI usai mendaftar 

Surya mengaku, dirinya bukanlah orang baru di olahraga Kampar. Sebutnya, dia adalah Ketua Cabor Badminton yang beberapa kali telah menjadi manajer untuk olahraga tepuk bulu angsa itu sehingga telah banyak pula prestasi yang diraih.

Surya meyakini, membina olahraga sama dengan berkorban. Ia mengaku tidak pernah berpikir meraup untung materi dari olahraga. Sebab, kata dia, membina olahraga sama dengan berkorban tenaga, pikiran bahkan berkorban uang.

Lebih jauh Surya menjelaskan, jiwa membina olahraga tidak hanya ia miliki baru-baru ini. Akan tetapi, jiwa membina olahraga telah tumbuh dalam dirinya sejak ia remaja dulu.

"Saya sejak lajang dulu sudah membina Basket. Mulai dari tingkat SD, SMP sampai SMA, kita siapkan fasilitas olahraganya hingga makan minumnya kita siapkan. Dan itu tanpa sepeserpun dana APBD," beber Surya.

Kini pun, tutur Surya, ia masih membiayai Badminton. Bahkan, Surya mengaku mengganggarkan Rp2,5 juta perbulan dari uang pribadinya membantu para atlit bulu tangkis itu.

Lelaki yang juga digadang-dagang sebagai calon kuat untuk posisi Wakil Bupati Kampar juga mengungkap, jiwa membina olahraga didapatnya dari almarhum sang ayah yang dulu juga malang melintang membina olahraga Volly di Kabupaten Kampar.

"Top-nya dulu di Cup Volly Ball itu di zaman bapak saya," kenang Surya.

Surya membeberkan, masa keemasan Volly Kampar itu pernah tejadi lewat tangan dingin dan semangat pengorbanan sang almarhum ayahnya pada olahraga Kampar.

Surya kemudian menjelaskan, majunya dia sebagai Ketua KONI tidak ada sangkut-pautnya dengan urusan poltik. "Urusan olahraga ini tidak ada kaitan dengan urusan politik," tegas Surya.

Adapun Cabor-Cabor yang sejak awal disebut mendukung Surya, setelah kami telusuri dari seorang sumber di KONI, mulai dari cabang olahraga Sepakbola yang biasa dimainkan di lapangan rumput berukuran luas ribuan meter per segi, hingga olahraga bidak yang cuma berluas centimeter persegi saja, yakni Catur juga menyatakan solid pada Surya Darmawan.

Cabor-Cabor yang sejak awal konsekuen disebut mengarahkan dukungan ke pihak Surya Darmawan adalah Volly, PSSI, Badminton, Muangtai, Kempo, Renang, Takraw, Sepeda, IMI Motor, Tinju, Silat, Angkat Besi, Panjat Tebing, Arung Jeram, Tenis Meja, Basket, Anggar dan Catur. 

Seperti apa kiprah Surya Darmawan dalam menakhodai KONI empat tahun ke depan agar lebih berprestasi? Layak kita tunggu.(Sy)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »