Tim Pengabdian Kukerta UNRI Berikan Pemaparan Materi Proses Belajar Mengajar Daring

Tim Pengabdian Kukerta UNRI Berikan Pemaparan Materi Proses Belajar Mengajar Daring

Pandemi virus Covid-19 bukan hanya berdampak pada sektor kesehatan dan ekonomi. Namun, juga menimbulkan dampak pada bidang pendidikan.

Terganggunya proses belajar mengajar karena pandemi Covid-19 yang menyebabkan seluruh sekolah di pekanbaru melakukan pembelajaran dari rumah

Mengatasi pembelajaran dari rumah melalui jaringan  tim pengabdian UNRI gelar pendampingan MGMP di beberapa sekolah pekanbaru, yaitu SMP Negeri 2 Pekanbaru (PPKn) l, SMP Negeri Madani Pekanbaru (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), SMP Negeri 10 Pekanbaru (Matematika dan IPS), dan SMP Negeri 21 Pekanbaru (IPA).

Kegiatan ini dilakukan pada setiap hari senin-kamis dari tanggal 21 juli-31 Agustus 2020. Tim pengabdian Kukerta UNRI beranggotakan 10 orang Mahasiswa/i Universitas Riau, yaitu Rizal Fahmi (FMIPA), Fenny Octaviani (FMIPA), Santi (FISIP), Nolia Azahira (FT), Fitria Ulvi (FEB), Kartika (FISIP), Nuri Sya'bani (FT), Saulian Fendiani (FT), Dendy Pratama Putra (FMIPA), dan Rexi Dwi Wardana (FMIPA)

Tim ini berada di bawah bimbingan Ibu Hj. Dr. Evi Suryawati, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Berbagai keluhan yang disampaikan guru-guru kepada Tim Pengabdian UNRI ketika gelar pembukaan pendampingan MGMP di SMP Negeri 2 Pekanbaru.

"Akibat pembelajaran dari rumah, para siswa kesulitan dalam mengikuti sistem pembelajaran daring yang mana biasanya terkendala oleh jaringan dan media yang tidak semua siswa paham cara menggunakannya," Ujar Sri Elvina selaku Ketua MGMP Mata Pelajaran PPKn


Menanggapi hal tersebut, Tim Pengabdian UNRI memberikan solusi berupa pemaparan materi proses belajar mengajar dalam jaringan kepada guru-guru peserta MGMP.

Solusi yang diberikan berupa bagaimana pemanfaatan aplikasi belajar yang bertujuan untuk mempermudah atau membantu guru dalam proses pembelajaran secara daring. 

G Suite for Education adalah solusi tepat yang diberikan oleh Tim Pengabdian UNRI kepada guru-guru peserta MGMP. Sesuai dengan namanya, Google Suite merupakan sebuah produk dari Google berupa seperangkat alat produktivitas dan kolaborasi dengan sistem google cloud untuk sekolah dan lembaga pendidikan seperti Google Classroom, Google mail, Google Drive, Google Kalender, Google Hangout, Google Office (Docs, Spreadsheet, Slide), Google Site dan Google Vault.

Namun, dari Tim pengabdian UNRI pada pendampingan MGMP kali ini hanya berfokus beberapa situs utama, yaitu Gmail, GClassroom, Gform, Gjamboard, dan tambahan diluar aplikasi GAFE yaitu Quizizz dan Zoom Meeting.

Diharapkan dengan adanya pendampingan MGMP mengenai pemaparan materi proses belajar mengajar dari rumah melalui jaringan guru-guru peserta MGMP dapat memberikan sistem pembelajaran yang lebih mudah sehingga pandemi Covid-19 tidak menjadi pengambat baik bagi para siswa maupun guru-guru.

"Alhamdulillah kami guru-guru peserta MGMP berterima kasih kepada Tim Pengabadian UNRI yang telah memberikan pemaparan materi proses belajar mengajar dari rumah melalui jaringan, sehingga dapat memberikan sistem yang lebih mudah kepada siswa dan siswi SMP di Pekanbaru," ujar Marlina seorang guru Bahasa Inggris SMP Negeri Madani Pekanbaru.

Berita Lainnya

Index