Gubri Sudah Ajukan Calon Pjs Bupati 4 Kabupaten

Gubri Sudah Ajukan Calon Pjs Bupati 4 Kabupaten

RIAUTERBIT.COM - Gubernur Riau Syamsuar telah menyiapkan nama calon pejabat sementara (Pjs) bupati yang akan menggantikan bupati yang ikut maju Pilkada di Riau.

Tercatat ada 4 kabupaten yang kepala daerahnya, baik Bupati maupun Wakil Bupati, maju sebagai calon kepala daerah. Diantaranya, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak dan Kuantan Singingi. Mereka harus mengambil cuti kampanye hingga Pilkada 9 Desember 2020.

“Untuk pejabat ini sudah disiapkan, yang jelas orang yang mampu dan mempunyai jiwa memimpin. Bagaimanapun nanti walaupun sebentar, ia harus memimpin pemerintahan sekaligus menyelesaikan penyelenggaraan pembangunan. Jadi yang jelas orang menguasi dan ahli dalam bidangnya. Nama-namanya sudah dipersiapkan,” kata Gubri.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Tata Pemerintahan (Tapem), Sudarman, mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan data nama calon Pjs Bupati yang diajukan ke Mendagri. Saat ini masih dalam proses penetapan dan persetujuan Mendagri.

“Sudah disiapkan, nama-namanya sesuai arahan gubernur. Masing-masing calon dikirimkan 3 orang calon Pjs, jadi ada 12 orang yang diajukan. Satu kabupaten 3 nama calon," katanya.

Sementara itu disinggung terkait SK penetapan Syahrial Abdi sebagai Pj Bupati Bengkalis, apakah sudah diterima, Sudarman mengatakan, masih di meja Mendagri. Dan pihaknya menunggu SK persetujuan Mendagri.

“Belum kita terima SK dari Mendagrinya, nanti kalau sudah diterima diinfokan. Untuk jadwal pelantikan tanggal 26 September, setelah penetapan calon kepala daerah. Termasuk Pjs juga dilantik,” kata Sudarman.(ckc)

Berita Lainnya

Index