Kukerta Balek Kampung Unri Kelurahan Balai Raja membantu UMKM Kripik Ubi dari Singkong

Kukerta Balek Kampung Unri Kelurahan Balai Raja membantu UMKM Kripik Ubi dari Singkong

Balai Raja terkenal dengan kebun singkong yang berhektar-hektar. Ini merupakan mata pencaharian Balai Raja yaitu menanam ubi, mengolah ubi menjadi Gaplek dan makanan antara lain yaitu kripik ubi. Kegiatan yang diadakan pada Jumat (22/07/2020) dirumah ibu Mida Wati selaku yang mempunyai Industry kripik ubi di Jl. Mutiara Indah. Yang mana pada Kamis (21/07/2020) tim kukerta sudah melakukan wawancara dengan ibu PKK, dan pemilik Industry kripik ubi di Jl.Bengkalis Indah mengenai perkembangan UMKM di kelurahan Balai Raja kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. 
Agenda dimulai pukul 08.00 WIB dengan memulai mengupas kulit ubi, kemudian mengiris ubi dengan alat pemotong ubi agar ubi bisa tipis sehingga teksturnya renyah, setelah itu ubi di beri garam dan bumbu yang sudah disiapkan, lalu ubi siap digoreng. Kegiatan ini diikuti oleh tim kukerta Balek Kampung Unri, ibu PKK dan Ibu Mida Wati selaku pemilik Industri.
Ade Indriani Isra dan Irvan Syafriananda, selaku ketua pelaksana menyatakan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan itu dilatar belakangi oleh pentingnya marketing dalam memajukan usaha mikro kecil menengah (UMKM) warga setempat. Menurutnya, keuntungan dan kemajuan suatu bisnis bergantung pada bagaimana cara pemasarannya.
Kukerta Balek Kampung Kelurahan Balai Raja membantu UMKM menciptakan alternatif dengan menciptakan rasa-rasa baru yang sedang trend pada olahan produk keripik singkong UMKM setempat. Hal itu dilakukan untuk mengikuti perkembangan rasa yang sedang digemari masyarakat saat ini. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan banyaknya konsumen terhadap produk yang dijual. salah satu contoh nya pembuatan inovasi keripik rasa balado, dan jagung manis. 
Kukerta Balek Kampung Kelurahan Balai Raja juga membantu UMKM dengan membuat brand/logo  Setelah logo selesai di-design, mahasiswa berkoordinasi dengan pihak ibu Mida Wati untuk meminta koreksi dan saran yang baik untuk logo yang telah di-design. Setelah disetujui barulah mahasiswa menyerahkan secara simbolik logo yang telah didesign sebagai penanda bahwa olahan kripik ubi ini adalah milik ibu Mida Wati selaku pemilik Industry rumah tangga. Dengan nama Kripik Babur Rezqi yang sudah kami diskusikan bersama ibu Mida Wati dan tim Kukerta Unri Balai Raja. Selain brand, kami juga membantu mengemas kripik menjadi lebih menarik daya jual dimasyarakat kelurahan Balai Raja
Kami juga membantu pelatihan pembuatan dan pengelolaan toko online di marketplace dan beberapa akun sosial media seperti Facebook, Instagram kepada ibu PKK dan ibu Mida Wati untuk mengikuti perkembangan zaman Revolusi Industry 4.0
Kegiatan ini didukung diketahui oleh Dosen pembembing kami yaitu ibu Rahmita Budiatiningsih.S.E.M.Hum, ibu Lurah Balai Raja yaitu Ibu Hemalina .S.SOS, Ibu PKK dan Masyarakat Kelurahan Balai Raja Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau.

Berita Lainnya

Index