Pecah Kongsi dengan Gubri,

Petahana Didukung Wagubri dan Mantan Bupati Siak

Petahana Didukung Wagubri dan Mantan Bupati Siak

RIAUTERBIT.COM - Suhu politik di kabupaten Siak semakin menanjak. Perseteruan Gubri Syamsuar dan Wagubri Edy Natar Nasution serta pecahnya kongsi Syamsuar -Arwin AS semakin terbuka. Pasalnya, kedua tokoh kunci Edy Natar Nasution dan Arwin AS bakal jadi deklarator pasangan calon (Paslon) bupati -wakil bupati Siak periode 2021-2025, Alfedri-Husni Merza.

Deklarasi untuk Paslon ini dilakukan, Kamis (3/9/2020) besok di salah satu hotel di Siak Sri Indrapura. "InsyaAllah, kedua tokoh tersebut, Pak Edy Natar dan Pak Arwin AS hadir besok. Mudah-mudahan beliau tidak ada halangan," kata Ketua Koalisi Siak Maju (KSM), Fairus Ramli, Rabu (2/9/2020).

Arwin AS adalah bupati Siak periode 2001-2011, sebelumnya berhasil memenangkan Syamsuar sebagai bupati Siak selama 2 periode dan memenangkan Syamsuar-Edy di Pilgubri 2019. Edy Natar adalah Wagubri, yang juga dewan pakar DPW partai NasDem Riau.

Selain kedua tokoh tersebut, juga bakal hadir anggota DPR RI Jon Erizal, anggota DPRD Riau Sugianto dan Zulfi Mursal, serta beberapa tokoh masyarakat lainnya. Fairus menjelaskan, beberapa organisasi paguyuban yang telah menyatakan diri mendukung pasangan Alfedri-Husni pada Pilkada Siak 2020 ini juga bakal hadir.

Pada deklarasi itu nanti, akan ada sekapir sirih dari beberapa tokoh masyarakat, sambutan ketua partai politik, dan orasi politik dari kontestan. Deklarasi akan dimulai pukul 13.30 WIB, dengan menghadir sekitar 300 massa. Sebelumnya, akan dilaksanakan salat zuhur berjemaah di mesjid Alfattah.

Sehari setelah deklarasi, Paslon petahana ini akan diantarkan untuk mendaftar ke KPU Siak. Rencananya pada Jumat (4/9/2020) pagi. Pasangan ini akan diarak menggunakan kompang sampai ke sekretariat KPU. Namun tetap dengan mematuhi protokol kesehatab.

"Kita akan mengikuti aturan yang berlaku dan akan mematuhi aturan protokol kesehatan yang telah ditentukan," katanya. Pasangan Alfedri-Husni pada Pilkada Siak 2020 ini mengambil tagline "Siak Lebih Maju". Pasangan ini didukung 5 partai parlemen, yakni PAN 7 kursi, PKB 3 kursi, NasDem 2 kursi, PPP 2 kursi dan Hanura 2 kursi.

Partai Gelombang Rakyat (Gelora) sebelum ini juga telah mendeklarasikan diri mendukung pasangan Alfedri-Husni. Bahkan PKPI juga merapat ke Paslon ini. Dengan dukungan 16 kursi itu, pasangan Alfedri-Husni telah memenuhi persyaratan minimal pencalonan dari KPU Siak yakni 8 kursi.(hrc)

Berita Lainnya

Index