Sosialisasi Adaptasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SMP YP2 TG (Yayasan Pendidikan Perkapen Tandun

Dibaca: 2911 kali  Kamis,27 Agustus 2020

Pekanbaru – Mahasiswa kuliah kerja nyata (Kukerta) Universitas Riau, yang dikoordinatori oleh Rio Puja Kusuma dengan anggota Anugrah Abdi Andita, Chairun Annisa, Dewi Rama Putri, Glorya Simanjuntak, Hermawan Freditama, Mutiara Olivia, Kristianti Nainggolan, Krismon Sinaga dan Rosnia Marbun mengadakan sosialisasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) kepada guru yang mengajar di SMP YP2 TG (Yayasan Pendidiakan Perkapen Tandun Group) Desa Kasikan Kabupaten Kampar. 

Sosialisasi adaptasi PJJ ini merupakan kegiatan utama dari 14 kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Kukerta Balek Kampung Desa Kasikan. Hal ini dikarenakan pandemi Covid 19 yang penyebarannya semakin meningkat hingga menyebabkan terkendalanya kegiatan pembelajaran dan berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 4 Tahun 2020 tentang pembelajaran disegala tingkat pendidikan dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau pembelajaran dalam jaringan (daring). 

Sosialisasi adaptasi PJJ yang ditaja oleh Tim Kukerta Balek Kampung Desa Kasikan bertujuan untuk berbagi pengetahuan kepada guru dan juga siswa di SMP YP2 TG tentang sistem pembelajaran dalam jaringan dengan menggunakan aplikasi seperti Google Classroom, Google Meet, WhatsApp (WA) dan Zoom, serta dalam sosialisasi ini mahasiswa kukerta berbagi konsep pembelajaran “Rumah Belajar” yang dapat menjadi solusi keterbatasan jaringan dan sedikitnya siswa SMP YP2 TG yang memiliki smartphone.

 “Alasan kami berbagi pengetahuan tentang aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh dan konsep Rumah Belajar  karena, sebelum sosialisasi diadakan, kami telah berdiskusi dengan guru dan beberapa siswa SMP YP2 TG mengenai kendala yang dialami saat pembelajaran daring adalah keterbatasan jaringan, siswa yang memiliki smartphone hanya beberapa dan kesulitan dalam menggunakan aplikasi pembelajaran daring,” Kata Rio Puja selaku koordinator Tim Kukerta Balek Kampung Desa Kasikan menjelaskan. 

Sosialisasi adaptasi PJJ dilaksanakan pada Rabu, 29 Juli 2020 di Laboratorium IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) SMP YP2 TG yang dihadiri oleh Bapak/Ibu Guru dan tiga orang siswa. Sosialisasi dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Sistem sosialisasi yang digunakan adalah dengan menjelaskan apllikasi pembelajaran daring, kemudian guru dan siswa praktek menggunakan aplikasi dengan dibantu oleh para mahasiwa Kukerta. Konsep “Rumah Belajar” juga dijelaskan oleh mahasiswa kepada Guru SMP YP2 TG. 

Kegiatan sosialisasi adaptasi PJJ ini disambut baik oleh Guru dan siswa di SMP YP2 TG. Guru dan siswa mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa Kukerta Balek Kampung Desa Kasikan yang membantu mereka dalam penggunaan aplikasi pembelajaran daring saat ini, sehingga pembelajaran diharapkan dapat berjalan dengan baik, karena Pendidikan tidak boleh berhenti. Pendidikan adalah bekal terbaik untuk perjalanan hidup (Aristoteles).

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »