Pengabdian di Desa Padang Mutung Kampar

Mahasiswa Unri Buatkan Plang Penanda UMKM Kerupuk Tujin Indri Bersaudara

Mahasiswa Unri Buatkan Plang Penanda UMKM Kerupuk Tujin Indri Bersaudara

16 Agustus 2020, Kampar adalah salah satu daerah penghasil kuliner yang banyak diminati oleh para pengunjung salah satunya adalah kerupuk kuning khas Kampar. Masyarakat setempat sering menyebut makanan ini dengan kupuok kuniong atau kupuok tujin (kerupuk tujin). Bahan utama dalam membuatan kerupuk ini terbuat dari ukai (ubi kayu Indonesia). Kerupuk ini sangat populer dan harga yang terjangkau,  rasa kerupuk ini sangat enak dimakan dan cocok dipadukan keberagaman jenis makanan seperti bakso, mie goreng, soto, sate atau makanan sehari-hari dirumah. 
Salah satu program wajib dari Kukerta Pedagogik yakni mengelola salah satu UMKM yang berada di desa yang menjadi tempat  Kukerta. Mahasiswa Kukerta berkunjung kesalah satu UMKM yang ada di desa Padang Mutung, Kec.Kampar yakni pengusaha kerupuk tujin Indri Bersaudara dan telah melaksanakan wawancara secara langsung mengenai awal berdirinya usaha kerupuk tujin ini serta proses pembuatan dan jangkauan pemasaran produk. Pemasaran kerupuk tujin telah tersebar melalui jaringan sosial masyarakat dan jaringan sosial media. Usaha Kerupuk Tujin oleh Indri Bersaudara merupakan usaha yang sudah berkembang selama 34 tahun di Dusun Padang Mutung. Pembuatan kerupuk Tujin  dilakukan secara sederhana dan manual yakni ubi diparut manual dan adonan dicampur dengan bumbu yang sudah diracik, lalu dicetak dengan pencetakan kerupuk tujin dan dimasukkan kepenggorengan dengan api sedang dengan kecepatan tangan dalam memasukkan kedalam penggorengan, Kerupuk Tujin hanya  diproduksi oleh keluarga pengusaha itu sendiri agar kualitas dari produksi usaha tidak berubah.  
Mahasiswa Kukerta juga membuat logo dengan menggunakan foto asli Kerupuk Tujin dan Rumah adat Kampar karena kerupuk tujin tersebut  pernah diklaim oleh daerah Sumbar sebagai oleh-oleh  khas daerah tersebut, padahal Kerupuk Tujin ini adalah oleh-oleh khas daerah Kampar yang tepatnya terdapat di Dusun Padang Mutung, Desa Padang Mutung. Hal itulah yang melatar belakangi mahasiswa Kukerta Pedagogik membuat logo agar menjadi indentitas produk Kerupuk Tujin oleh Pengusaha Indri Bersaudara.   Setelah logo selesai di design, mahasiswa  berkoordinasi dengan pihak pengusaha Kerupuk Tujin Indri Bersaudara  untuk meminta koreksi dan saran yang baik untuk logo yang telah di design. Setelah disetujui barulah mahasiswa menyerahkan secara simbolik logo yang telah didesign kepada pengusaha Kerupuk Tujin Indri Bersaudara. Serta mahasiswa membuat plang penunjuk arah dan sebagai penanda di depan produksi Kerupuk Tujin Indri Bersaudara. Pemilik usaha tersebut senang akan kedatangan kami.

Berita Lainnya

Index