TIM PENGABDIAN KUKERTA BK DESA PALAS KUNJUNGI PLUT-KUMKM PELALAWAN TERKAIT PROGRAM UMKM

TIM PENGABDIAN KUKERTA BK DESA PALAS KUNJUNGI PLUT-KUMKM PELALAWAN TERKAIT PROGRAM UMKM

 

Palas - Tim pengabdian kukerta desa Palas adakan kunjungan ke dinas pusat layanan usaha terpadu koperasi dan usaha mikro kecil menengah (PLUT- KUMKM) pada Kamis (06/08). 
Kunjungan ini dilatarbelakangi keingintahuan tim kukerta mencari informasi terkait program dinas untuk Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) yang ada di desa Palas. Survei desa yang dilakukan beberapa hari sebelumnya menemukan salah satu produksi tahu desa tersebut memiliki kendala dalam perintisannya karena masih tergolong baru. 

Dari kegiatan ini, dinas PLUT-KUMKM merasa terbantu  dalam menjembatani informasi dan  kondisi masyarakat yang ada di daerah Pelalawan untuk meningkatkan umkm yang ada. 
 "Kami sangat merasa terbantu dengan kunjungan mahasiswa KKN UNRI yang berinisiatif menceritakan kondisi masyarakat sehingga kami bisa tau bahwa ada UMKM yang bisa kami bina di daerah ini" ujar bu nur maida. 
Tak hanya sekedar kunjungan biasa, tim juga adakan diskusi bersama Nur Maida selaku kepala PLUT-KUMKM. Dinas PLUT-KUMKM Pelalawan memberi sambutan baik dan menyambut permasalah dengan solusi melalui program-program yang sudah dimiliki oleh PLUT-KUMKM. 
Dalam pelaksaannya, program ini dijalankan dengan bimbingan konsultan dan pembinaan bagi umkm. Konsultan yang terdapat pada PLUT-KUMKM ini terdiri atas lima bagian yaitu konsultan produksi, konsultan pemasaran, konsultan Sumber Daya Manusia (SDM), konsultan pembiayaan, dan konsultan kelembagaan. 
Nur Maida mengatakan perlunya mengetahui kebutuhan UMKM tersebut, setelahnya konsultan akan turun ke lapangan untuk melakukan riset dan menyusun langkah yang tepat. 
Dalam menjalankan tugasnya konsultan bertugas mengunjungi langsung, membina hingga mengontrol UMKM.  
"Tujuan program ini adalah untuk menaikkan kelas UMKM yang ada di pelalawan" tutur Nur Maida.

Berita Lainnya

Index