Tim KUKERTA Balek Kampung Universitas Riau Membagikan Masker kepada Masyarakat Kkndesasorekduasite

Dibaca: 1585 kali  Rabu,12 Agustus 2020
Tim KUKERTA Balek Kampung Universitas Riau Membagikan Masker kepada Masyarakat  Kkndesasorekduasite
Ket Foto :

Kegiatan membagi-bagikan masker kepada masyarakat, dilakukan pada hari Sabtu, 08 Agustus 2020 pada pukul 09.30-10.45 WIB. Pembagian masker kepada masyarakat dan juga perangkat desa ini bertujuan untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengatasi penyebaran wabah penyakit yang disebabkan oleh virus corona (covid-19), yang dimana pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran penyakit akibat virus corona tersebut menetapkan beberapa protokol kesehatan yang wajib ditaati oleh masyarakat secara umum yaitu salah satu nya memakai masker.

Protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam situasi pendemi wabah covid-19 di masa new normal saat ini mewajibkan masyarakat untuk  melakukan tiga hal penting yaitu menerapkan pola hidup bersih dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, melakukan social distancing yaitu menjaga jarak minimal 1-2 meter dengan oranglain, dan wajib menggunakan masker disetiap aktivitas di luar ruangan.

Pembagian masker ini merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk mendukung upaya protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Pengertian masker wajah itu sendiri merupakan suatu benda yang digunakan pada bagian wajah yang berfungsi untuk mencegah adanya penularan penyakit akibat terkena partikulat atau droplet yang dikeluarkan dari mulut berupa cairan yang disebabkan karena bersin atau batuk dan juga untuk melindungi saluran pernapasan dari partikel-partikel asing yang besar seperti debu.

Droplet menurut Wikipedia adalah suatu percikan pernapasan atau titis pernapasan yang merupakan partikel yang sebagian besar terdiri dari air yang dihasilkan oleh saluran pernapasan, dengan ukuran yang cukup besar untuk jatuh ke tanah dengan cepat setelah diproduksi. Istilah droplet, airbone, dan aerosol saat ini sering dipakai dalam penjelasan tentang penularan covid-19. Airbone merupakan suatu penyakit bawaan yang penularannya melalui udara, yang mana penyakit tersebut disebabkan oleh adanya patogen yang ditularkan melalui udara oleh partikel-partikel kecil dalam waktu dan jarak tertentu. Pengertian aerosol adalah suatu partikel padat maupun cair yang berada di udara yang berukuran sangat kecil yang kurang dari 5 mikrometer. 

Masker yang dibagikan oleh Tim KUKERTA Balek Kampung Universitas Riau yaitu masker kain yang terbuat dari bahan scuba. Masker yang terbuat dari bahan scuba adalah suatu jenis kain rajut ganda yang merupakan perpaduan bahan polyester dan likra atau spandeks. Karena itulah, bahan ini secara umum bersifat lentur dan menempel di badan. Kain scuba berupa benang filamen yang sangat halus dan dirajut secara padat menghasilkan kain halus dan lembut. 

Masker kain adalah masker yang saat ini dianjurkan oleh pemerintah untuk digunakan oleh masyarakat umum, karena masker bedah pada saat pendemi wabah covid-19 ini sangat langka, dan sangat mahal harganya dan penggunaan masker bedah tersebut diutamakan kepada para pekerja medis yang menangani penyakit akibat virus Corona (covid-19). Masker kain bisa digunakan oleh masyarakat umum yang tidak menunjukkan gejala penyakit akibat virus corona seperti bersin, batuk, pilek dan demam, namun apabila seseorang memiliki gejala seperti bersin, batuk, pilek dan pilek maka dianjurkan untuk menggunakan masker bedah yang memilliki bahan yang lebih tebal yang dapat menahan droplet akibat bersin, batuk dan pilek agar tidak mengenai orang lain yang berada di sekitarnya.

Pembagian masker kain yang dilakukan oleh Tim KUKERTA Balek Kampung Universitas Riau diakukan di dua lokasi yaitu di jalan Teladan Desa Sorek Dua, dan ke beberapa warung dan rumah warga sekitaran lokasi jalan Teladan desa sorek dua.

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »